Show simple item record

dc.contributor.authorWAFI, Rama Adi Ainun
dc.date.accessioned2023-09-26T22:57:09Z
dc.date.available2023-09-26T22:57:09Z
dc.date.issued2023-04-11
dc.identifier.nim190210303003en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118023
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_agustus_2023_21;Finalisasi oleh Taufik Tgl 27 September 2023en_US
dc.description.abstractPada era perkembangan IPTEK yang semakin pesat ini berdampak terhadap dunia pendidikan salah satunya pada pembelajaran geografi yang tidak terlepas dengan adanya teknologi. Pelajaran geografi harus diintegrasikan dengan ketrampilan, rutinitas, dana perilaku yang dapat dibuktikan. Kesesuaian topik dan waktu yang dibutuhkan untuk proses pembelajaran harus menjadi pertimbangan ketika membentuk pengetahuan dalam geografi. Diperlukan strategi pengajaran yang inovatif untuk konten geografi itu sendiri, agar siswa mampu memberikan kesempatan kepada siswa agar melakukan penelitian tentang masalah kontekstual di lingkungan mereka secara real time dan menciptakan lingkungan berpikir yang lebih kompleks, digunakan pembelajaran berbasis proyek (PjBL). Kemajuan pembelajaran dapat diaplikasikan dengan penggunaan media komputer yang dipadukan dengan internet yang kemudian memunculkan sebuah sistem belajar berbasis elektronik yang digunakan pada bidang pendidikan yang disebut dengan e-learning. Salah satunya dengan menggunakan media schoology, media ini memiliki keuntungan karena lebih mudah digunakan, dapat diakses oleh semua siswa yang berpartisipasi dalam kelas, tersedia dimana saja maupun kapan saja, dan mampu memfasilitasi interaksi antara siswa dan guru. Penggunaan aplikasi schoology memberikan sebuah solusi yang inovatif dalam pemanfaatan elearning, Karena hasilnya dari penggunaan media berbasis elektronik mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran e-learning berbasis aplikasi schoology terhadap hasil belajar pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design, dimana kelompok kontrol dan kelompok eksperimen tidak dipilih secara acak. Populasi pada penelitian kali ini yaitu siswa kelas X SMAN 2 Jember yang terdiri dari 10 kelas. Penentuan responden dilakukan dengan uji homogenitas pada seluruh populasi yang akan digunakan yakni siswa siswi pada kelas X SMA 2 Jember dengan pengambilan sampel dari keseleuruhan kelas yakni 10 kelas. Pada desain ini akan terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen, nantinya pada kelompok eksperimen akan diberikan model pembelajaran project based learning berbantuan schoology sebagai media pembelajaran mobile learning, Sedangkan kelas kontrol menggunakan teknik konvensional yang sudah biasa diterapkan oleh guru di SMAN 2 Jember. Hasil uji test dengan menggunakan independent samples test menunjukkan nilai sig. pada kolom levene’s test for equality of variances > 0,05 yaitu untuk nilai pretest 0.391 sedangkan pada posttest sendiri menunjukkan 0.076. Nilai pada sig. (2-tailed) masing-masing baik itu pretest maupun posttest sebesar 0,000 atau nilai sig ≤ 0,05 sehingga didasarkan pada pedoman pengambilan keputusan jika (H0) ditolak maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data, model pembelajaran project based learning yang menjadi salah satu model dengan strategi pengajaran instruksional dengan penekanan pada konsep belajar kontekstual melalui tugas-tugas dalam ranah kompleks, serta mendorong upaya siswa untuk memecahkan masalah menggunakan pengetahuan mereka. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa konsep pembelajaran dengan menggunakan project based learning dipadukan dengan media schoology memiliki pengaruh signifiikan terhadap hasil belajar siswa. sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan dan diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa di SMA.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sri Astutik, M.Si. Bejo Apriyanto, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROJECT BASED LEARNINGen_US
dc.subjecte-LEARNINGen_US
dc.subjectAPLIKASI SCHOOLOGYen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titlePengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media E-Learning Berbasis Aplikasi Schoology Terhadap Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bejo Apriyanto, S. Pd., M. Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_agustus_2023_21en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record