PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar tema lingkungan Sahabat Kita Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Jambe Anom 1 Bondowoso.
Abstract
Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan
Nonequivalent Control Group Design, artinya kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol tidak dipilih secara acak (Sugiyono, 2013:79). Cara
menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui kegiatan uji homogenitas.
Kelas yang telah ditetapkan sebagai kelas kontrol dilakukan seperti biasa
menggunakan penerapan model ceramah dengan media gambar sedangkan yang
diberi perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen menggunakan penerapan
model pembelajaran POE. Subjek yang di ambil yaitu peserta didik kelas VA
yang berjumlah 30 peserta didik dan peserta didik kelas VB yang berjumlah 31
peserta didik di SDN Jambe Anom 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah soal pretest dan soal posttest. Analisa data yang digunakan adalah Uji
Paired Sample t-test dan Uji Independent Sample t-test.
Hasil perhitungan uji-t menggunakan SPSS versi 2.4 diperolah bahwa t0
sebesar 6,488, hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar 1,671.
Bedasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa t0 > t tabel (6,488>1,671 )
sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal
tersebut didukung dengan perbedaan nilai rata-rata post test peserta didik pada
kedua kelas. Rata-rata nilai post test pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan
sebesar 87,7 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan sebesar
69,4. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penerapan model pembelajaran POE terhadap hasil belajar peserta didik kelas V
pada materi organ gerak hewan dan manusia di SDN Jambe Anom 1.
Saran yang dapat diberikan kepada beberapa pihak seperti pendidik, hasil
dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan
pembelajaran, sehingga dapat mengetahui kemampuan peserta didik untuk
meningkatkan terhadap hasil belajar. Bagi peserta didik, pembelajaran POE harus
dilakukan dengan fokus, teliti dan runtut karena komponen dalam POE
berkesinambungan. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan referensi dan
dikembangkan lebih lanjut.