Show simple item record

dc.contributor.authorIMRONI, Akhmad
dc.date.accessioned2023-09-15T07:47:54Z
dc.date.available2023-09-15T07:47:54Z
dc.date.issued2023-08-07
dc.identifier.nim170210204173en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117894
dc.description.abstractPenelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen dengan Nonequivalent Control Group Design, artinya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara acak (Sugiyono, 2013:79). Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui kegiatan uji homogenitas. Kelas yang telah ditetapkan sebagai kelas kontrol dilakukan seperti biasa menggunakan penerapan model ceramah dengan media gambar sedangkan yang diberi perlakuan (treatment) pada kelas eksperimen menggunakan penerapan model pembelajaran POE. Subjek yang di ambil yaitu peserta didik kelas VA yang berjumlah 30 peserta didik dan peserta didik kelas VB yang berjumlah 31 peserta didik di SDN Jambe Anom 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest dan soal posttest. Analisa data yang digunakan adalah Uji Paired Sample t-test dan Uji Independent Sample t-test. Hasil perhitungan uji-t menggunakan SPSS versi 2.4 diperolah bahwa t0 sebesar 6,488, hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel sebesar 1,671. Bedasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa t0 > t tabel (6,488>1,671 ) sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal tersebut didukung dengan perbedaan nilai rata-rata post test peserta didik pada kedua kelas. Rata-rata nilai post test pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan sebesar 87,7 sedangkan pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan sebesar 69,4. oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran POE terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada materi organ gerak hewan dan manusia di SDN Jambe Anom 1. Saran yang dapat diberikan kepada beberapa pihak seperti pendidik, hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat mengetahui kemampuan peserta didik untuk meningkatkan terhadap hasil belajar. Bagi peserta didik, pembelajaran POE harus dilakukan dengan fokus, teliti dan runtut karena komponen dalam POE berkesinambungan. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan referensi dan dikembangkan lebih lanjut.en_US
dc.description.sponsorshipAgustiningsih S.Pd.,M.Pd. Arik Aguk Wardoyo S.Pd., M.PFis.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectModel pembelajaran POEen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (Predict, Observe, Explain) terhadap hasil belajar tema lingkungan Sahabat Kita Pada Peserta Didik Kelas V di SDN Jambe Anom 1 Bondowoso.en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih S.Pd.,M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo S.Pd., M.PFisen_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record