Pengaruh Relationship Marketing dan Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Pelanggan J'bing Cafe & Resto Probolinggo)
Abstract
J’bing Cafe & Resto merupakan tempat makan yang berada di wilayah
Probolinggo berdiri sejak tahun 2016, konsisten mempertahankan serta meningkatkan
menu minuman dan makanan untuk memenuhi selera serta memberikan kepuasan
kepada para pelanggan. J’bing Cafe & Resto menyajikan berbagai menu aneka nasi dan
minuman yang dibanderol dengan harga yang bersahabat dengan kantong pelanggan.
J’bing Cafe & Resto telah berhasil membuka cabang sebanyak 3 outlet yang tersebar di
beberapa wilayah kota Probolinggo dan mempertahankan pelanggan dengan menjalin
hubungan yang baik serta menciptakan lingkungan kafe yang nyaman. Maka menarik
untuk diteliti pengaruh relationship marketing dan store atmosphere terhadap loyalitas
pelanggan J’bing Cafe & Resto Probolinggo.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh
relationship marketing (X1) dan store atmosphere (X2) secara parsial dan simultan
terhadap loyalitas pelanggan (Y). Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif dengan korelasi asosiatif kausal untuk mengetahui pengaruh antara variabel
relationship marketing dan store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan. Teknik
analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda. Populasi penelitian ini
merupakan pelanggan J’bing Cafe & Resto Probolinggo dan sampel dalam penelitian ini
berjumlah 110 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling.
Hasil penelitian pengujian dari analisis regresi linier berganda menunjukkan
bahwa: 1) relationship marketing (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan pada J’bing Cafe & Resto Probolinggo. 2) Store atmosphere
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada J’bing Cafe &
Resto Probolinggo. 3) Relationship marketing dan store atmosphere berpengaruh positif
dan