• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Permainan Memancing Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Kelompok A di TK Kartika IV-73 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    ARINI DIAH RAHMAWATI 190210205047.pdf (2.044Mb)
    Date
    2023-06-27
    Author
    RAHMAWATI, Arini Diah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dari penggunaan permainan memancing bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Kartika IV-73 Jember. Peineilitian ini meingguinakan peineilitian eikspeirimeintal, dan menggunakan beintuik deisain peineilitian pra eikspeirimeintal Onei Grouip PreiteistPostteist Deisign. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Peineilitian ini meimakai teiknik analisis statistik t-teist. Berdasarkan hasil observasi awal keimampuian dalam meingeinal konseip bilangan di keilompok A masih teirbilang reindah. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t, yang dimana seibeiluim dibeirikan treiatmein pada keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A meimpeiroleih nilai rata-rata preiteist seibeisar 58,00, seiteilah dibeirikannya treiatmein pada keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A meimpeiroleih nilai rata-rata postteist seibeisar 80,00. Pada hasil peirhituingan dari nilai rata-rata maka dapat dikeitahui bahwasannya seiteilah dibeirikannya treiatmein teirdapat peiningkatan pada keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A. Hasil dari peirhituingan pada uiji-t paireid samplei t teist deingan meingguinakan SPSS veirsi 25.0 meimpeiroleih thituing seibeisar 19,656, dan nilai p seibeisar 0,00. Hasil dari peirhituingan t-teist ini keimuidian dapat dikonsuiltasikan deingan meingguinakan taraf signifikansi 0,05. Beirdasarkan hasil yang teilah dipeiroleih maka dikeitahui nilai signifikansi 0,00<0,05, seihingga Ha diteirima dan H₀ ditolak. Artinya yaitui Ada peingaruih yang signifikan dari peingguinaan peirmainan meimancing bilangan teirhadap keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A di TK Kartika IV- 73 Jeimbeir. Maka dari itu, pada penelitian ini terdapat solusi yang disarankan oleh peneliti untuk guirui heindaknya meineirapkan meidia peirmainan meimancing bilangan uintuik keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117849
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository