dc.contributor.author | RAHMAWATI, Arini Diah | |
dc.date.accessioned | 2023-09-11T22:42:34Z | |
dc.date.available | 2023-09-11T22:42:34Z | |
dc.date.issued | 2023-06-27 | |
dc.identifier.nim | 190210205047 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117849 | |
dc.description | Finalisasi repositori 12 September 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan dari
penggunaan permainan memancing bilangan terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada
anak kelompok A di TK Kartika IV-73 Jember. Peineilitian ini meingguinakan peineilitian
eikspeirimeintal, dan menggunakan beintuik deisain peineilitian pra eikspeirimeintal Onei Grouip PreiteistPostteist Deisign. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi,
dokumentasi, dan tes. Peineilitian ini meimakai teiknik analisis statistik t-teist. Berdasarkan hasil
observasi awal keimampuian dalam meingeinal konseip bilangan di keilompok A masih teirbilang
reindah. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t, yang dimana
seibeiluim dibeirikan treiatmein pada keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A
meimpeiroleih nilai rata-rata preiteist seibeisar 58,00, seiteilah dibeirikannya treiatmein pada keimampuian
meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A meimpeiroleih nilai rata-rata postteist seibeisar 80,00.
Pada hasil peirhituingan dari nilai rata-rata maka dapat dikeitahui bahwasannya seiteilah dibeirikannya
treiatmein teirdapat peiningkatan pada keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A.
Hasil dari peirhituingan pada uiji-t paireid samplei t teist deingan meingguinakan SPSS veirsi 25.0
meimpeiroleih thituing seibeisar 19,656, dan nilai p seibeisar 0,00. Hasil dari peirhituingan t-teist ini
keimuidian dapat dikonsuiltasikan deingan meingguinakan taraf signifikansi 0,05. Beirdasarkan hasil
yang teilah dipeiroleih maka dikeitahui nilai signifikansi 0,00<0,05, seihingga Ha diteirima dan H₀
ditolak. Artinya yaitui Ada peingaruih yang signifikan dari peingguinaan peirmainan meimancing
bilangan teirhadap keimampuian meingeinal konseip bilangan pada anak keilompok A di TK Kartika IV-
73 Jeimbeir. Maka dari itu, pada penelitian ini terdapat solusi yang disarankan oleh peneliti untuk
guirui heindaknya meineirapkan meidia peirmainan meimancing bilangan uintuik keimampuian meingeinal
konseip bilangan pada anak. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd.
Dosen Pembimbing Anggota : Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Konsep Bilangan | en_US |
dc.subject | Permainan Memancing Bilangan | en_US |
dc.subject | Kabupaten Jember | en_US |
dc.title | Pengaruh Penggunaan Permainan Memancing Bilangan Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Kelompok A di TK Kartika IV-73 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_juli_2023_10 | en_US |