• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XIII SMP Negeri 1 Kalibaru

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (3.101Mb)
    Date
    2023-03-20
    Author
    SASYONY, Tya Endah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalibaru. Hal ini dilakukan atas dasar hasil belajar matematika siswa dan antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika tergolong rendah. Salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut diperkirakan oleh pihak sekolah karena pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut masih menggunakan sistem ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibaru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari hasil soal Pretest-Posttest yang telah dikerjakan oleh kedua sampel masing-masing sebanyak 5 soal. Soal PretestPosttest telah divalidasi oleh dua validator dan dinyatakan valid. Rancangan Penelitian ini menggunakan tipe Pretest-Posttest Control Desaign. Berdasarkan hasil tes yang telah diperoleh, dilakukan Uji Normalitas dan Homogenitas dan didapatkan hasil bahwa data berdistribusi normal dan tidak homogen. Data ini kemudian dianalisis menggunakan Uji Hipotesis dengan Uji Independent Sample T-Test dan didapatkan hasil sig. (2-tailed) adalah 0,000. Hasil signifikansi tersebut menunjukkan sig. (2-tailed) < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalibaru. Hal ini sejalan dengan perhitungan nilai hasil tes siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan nilai ratarata nilai sebesar 156%. Sedangkan siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Direct Instruction hanya mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 68%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117681
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository