Show simple item record

dc.contributor.authorSASYONY, Tya Endah
dc.date.accessioned2023-08-22T22:15:42Z
dc.date.available2023-08-22T22:15:42Z
dc.date.issued2023-03-20
dc.identifier.nim180210101065en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117681
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juni_2023_23 Finalisasi repositori 23 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalibaru. Hal ini dilakukan atas dasar hasil belajar matematika siswa dan antusias siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika tergolong rendah. Salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut diperkirakan oleh pihak sekolah karena pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut masih menggunakan sistem ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalibaru. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-G sebagai kelas eksperimen yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan kelas VIII-F sebagai kelas kontrol yang melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Langsung (Direct Instruction). Pengumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari hasil soal Pretest-Posttest yang telah dikerjakan oleh kedua sampel masing-masing sebanyak 5 soal. Soal PretestPosttest telah divalidasi oleh dua validator dan dinyatakan valid. Rancangan Penelitian ini menggunakan tipe Pretest-Posttest Control Desaign. Berdasarkan hasil tes yang telah diperoleh, dilakukan Uji Normalitas dan Homogenitas dan didapatkan hasil bahwa data berdistribusi normal dan tidak homogen. Data ini kemudian dianalisis menggunakan Uji Hipotesis dengan Uji Independent Sample T-Test dan didapatkan hasil sig. (2-tailed) adalah 0,000. Hasil signifikansi tersebut menunjukkan sig. (2-tailed) < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran Direct Instruction terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kalibaru. Hal ini sejalan dengan perhitungan nilai hasil tes siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan nilai ratarata nilai sebesar 156%. Sedangkan siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Direct Instruction hanya mengalami peningkatan rata-rata nilai sebesar 68%.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sunardi, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIFen_US
dc.subjectKEMAMPUAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectTEAM GAMES TOURNAMENTen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XIII SMP Negeri 1 Kalibaruen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sunardi, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Abi Suwito, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juni_2023_23en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record