• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQol) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Larasati Puspa Negara_170210303031.pdf (2.876Mb)
    Date
    2023-05-29
    Author
    NEGARA, Larasati Puspa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran terus berkembang seiring berjalannya waktu guna mendapatkan hasil yang diharapkan. Perkembangan dalam dunia pendidikan membuat kita dapat lebih dewasa dan memiliki dampak positif dengan adanya pendidikan utamanya dalam kemampuan berpikir, keterampilan, kemampuan mental dan sebagainya. Penggunakan model pembelajaran yang tepat pada pendidikan akan berdampak positif bagi generasi baru dan pendidikan mempersiapkan generasi yang baik untuk negara. Oleh karena itu, pendidik harus memiliki kesabaran dan ketekunan saat mengajar. Seorang pendidik harus memiliki prinsip dan teori sebagai pondasi kesuksesan belajar siswa. Model pembelajaran yang baru tentu dapat menjadi teknik baru bagi pengajar dalam menyampaikan materi dan dapat lebih dekat memahami karakter siswa. Penggunaan metode yang sesuai dalam proses pembelajaran dapat mempermudah melihat potensi siswa dalam belajar dan mengerti metode apa yang baik digunakan dalam penyampaian materi. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini ialah Real Quest Outdoor Learning (ReQOL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen yang telah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan uji homogenitas pada nilai ujian sebelumnya. Dari uji homogenitas tersebut, didapat Kelas X IPA 7 menjadi kelas kontrol dan kelas X IPA 8 menjadi kelas eksperimen. Model pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen ialah model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru kelas. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi (quasi-experimental) dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Kegiatan Post-test yang dilakukan pada akhir pertemuan untuk kemampuan pemecahan masalah memiliki kriteria tertentu. Penilaian posttest hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen menggnakan pilihan ganda dengan jumlah 10 butir soal dan penilaian kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol dan eskperimen menggunakan jumlah butir yang sama, yakni 5 soal dengan materi “Dinamika Hidrosfer”. Setelah mendapat skor posttest kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar, berikutnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Kolmogorav Samirnov. Pada kemampuan pemecahan masalah menunjukkan angka 0,56 untuk kelas eksperimen dan 0,78 untuk kelas kontrol Pada hasil belajar hasilnya menunjukkan angka >0,054 untuk kelas eksperimen dan >0,056 untuk kelas kontrol. Angka tersebut lebih dari >0,05, yang artinya data tersebut terdistribusi dengan normal. Selanjutnya dilanjutkan dengan uji T-test. Uji ini berfungsi untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji tersebut, didapat angka 0,00 yang kurang dari <0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Kesimpulan pada penelitian ini ialah, penggunaan model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117656
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15369]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository