Show simple item record

dc.contributor.authorNEGARA, Larasati Puspa
dc.date.accessioned2023-08-21T22:09:40Z
dc.date.available2023-08-21T22:09:40Z
dc.date.issued2023-05-29
dc.identifier.nim170210303031en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117656
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juni_2023_23 Finalisasi repositori 22 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractModel pembelajaran terus berkembang seiring berjalannya waktu guna mendapatkan hasil yang diharapkan. Perkembangan dalam dunia pendidikan membuat kita dapat lebih dewasa dan memiliki dampak positif dengan adanya pendidikan utamanya dalam kemampuan berpikir, keterampilan, kemampuan mental dan sebagainya. Penggunakan model pembelajaran yang tepat pada pendidikan akan berdampak positif bagi generasi baru dan pendidikan mempersiapkan generasi yang baik untuk negara. Oleh karena itu, pendidik harus memiliki kesabaran dan ketekunan saat mengajar. Seorang pendidik harus memiliki prinsip dan teori sebagai pondasi kesuksesan belajar siswa. Model pembelajaran yang baru tentu dapat menjadi teknik baru bagi pengajar dalam menyampaikan materi dan dapat lebih dekat memahami karakter siswa. Penggunaan metode yang sesuai dalam proses pembelajaran dapat mempermudah melihat potensi siswa dalam belajar dan mengerti metode apa yang baik digunakan dalam penyampaian materi. Model pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini ialah Real Quest Outdoor Learning (ReQOL). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen yang telah ditentukan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan uji homogenitas pada nilai ujian sebelumnya. Dari uji homogenitas tersebut, didapat Kelas X IPA 7 menjadi kelas kontrol dan kelas X IPA 8 menjadi kelas eksperimen. Model pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen ialah model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL), sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru kelas. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen kuasi (quasi-experimental) dengan desain penelitian Post-test Only Control Group Design. Kegiatan Post-test yang dilakukan pada akhir pertemuan untuk kemampuan pemecahan masalah memiliki kriteria tertentu. Penilaian posttest hasil belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen menggnakan pilihan ganda dengan jumlah 10 butir soal dan penilaian kemampuan pemecahan masalah siswa kelas kontrol dan eskperimen menggunakan jumlah butir yang sama, yakni 5 soal dengan materi “Dinamika Hidrosfer”. Setelah mendapat skor posttest kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar, berikutnya dilakukan uji normalitas menggunakan metode Kolmogorav Samirnov. Pada kemampuan pemecahan masalah menunjukkan angka 0,56 untuk kelas eksperimen dan 0,78 untuk kelas kontrol Pada hasil belajar hasilnya menunjukkan angka >0,054 untuk kelas eksperimen dan >0,056 untuk kelas kontrol. Angka tersebut lebih dari >0,05, yang artinya data tersebut terdistribusi dengan normal. Selanjutnya dilanjutkan dengan uji T-test. Uji ini berfungsi untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji tersebut, didapat angka 0,00 yang kurang dari <0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Kesimpulan pada penelitian ini ialah, penggunaan model pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQOL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sri Astutik, M. Si Dosen Pembimbing Anggota : Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN REQOLen_US
dc.subjectKEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAHen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN GEOGRAFIen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Real Quest Outdoor Learning (ReQol) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Geografi di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M. Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juni_2023_23en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record