Strategi Bertanya Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Jember dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember
Abstract
Guru maupun calon guru harus memiliki keterampilan dasar dalam
mengajar. Salah satunya adalah keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya
merupakan keterampilan berbahasa yang dilakukan untuk mendapatkan jawaban
atau umpan balik dari orang lain. Seorang guru pastinya mengharapkan jawaban
atau informasi yang berkualitas dari siswa. Dengan demikian itu, guru harus
menggunakan strategi bertanya agar informasi yang diberikan lebih akurat.
Strategi bertanya dalam pembelajaran harus dikuasai oleh calon guru.
Terlebih lagi guru Bahasa Indonesia yang sangat memperhatikan bahasa yang
diucapkan kepada siswa. Seperti halnya mahasiswa Asistensi Mengajar dari
Universitas Jember yang mengikuti kegiatan mengajar mata pelajaran bahasa
Indonesia di SMP Negeri 6 Jember. Terdapat beberapa pendapat mengenai
suasana pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember yang kurang
komunikatif oleh mahasiswa Asistensi Mengajar yang diakibatkan
ketidaktepatannya strategi bertanya.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti dengan judul
“Strategi Bertanya Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Jember dalam
Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember”. Strategi
Bertanya Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Jember dalam Proses
Pembelajaran di SMP Negeri 6 Jember penting dan menarik untuk diteliti karena
berbagai alasan, antara lain; (1) ketika mahasiswa memberikan pertanyaan kepada
siswa, terdapat strategi bertanya yang digunakan dan berkaitan dengan ragam
jenis pertanyaa; (2) terdapat strategi bertanya yang digunakan mahasiswa
berdasarkan kesantunan berbahasa. Oleh karena itu, permasalahan yang aka
dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah strategi bertanya yang
digunakan oleh mahasiswa Asistensi Mengajar berkaitan dengan jenis pertanyaan
dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember?; (2)
bagaimanakah strategi bertanya yang digunakan oleh mahasiswa Asistensi
Mengajar berkaitan dengan kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran
bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember.
Rancangan penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif. Data yang
dibutuhkan berupa tuturan Mahasiswa Asistensi Mengajar Unniversitas Jember
yang mengindikasikan kalimat tanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia
di SMP Negeri 6 Jember. Sumber data dalam penelitian ini adalah Mahasiswa
Asistensi Mengajar Universitas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di
SMP Negeri 6 Jember. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil dan pembahasannya, ditemukan beberapa strategi
bertanya yang digunakan mahasiswa Asistensi Mengajar , yaitu terdiri dari yang
berkaitan dengan jenis pertanyaan sesuai Taksonomi Bloom versi revisi; (1) jenis
pertanyaan pengetahuan, (2) jenis pertanyaan pemahaman, dan (3) jenis
pertanyaan analisis. Adapun strategi bertanya yang berkaitan dengan kesantunan
berbahasa adalah kesantunan bertanya menggunakan kata penurun dan kesantunan
bertanya menggunakan kata sapaan.
Pada saat melakukan penelitian “Strategi Bertanya Mahasiswa Asistensi
Mengajar Universitas Jember dalam Proses Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Indonesia di SMP Negeri 6 jember” peneliti tidak melakukan penelitian lebih
mendalam mengenai strategi bertanya yang berkaitan dengan kesantunan
berbahasa dalam bentuk maksim kesantunan. Oleh karena itu disarankan peneliti
lain yang sebidang ilmu untuk melalukan penelitian tentang strategi bertanya
berkaitan dengan kesantuan berbahasa dalam bentuk maksim kesantunan. Selain
itu, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan diskusi pada mata kuliah
Pragmatik dan Pembelajaran Bahasa Indonesia mahasiswa Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia.