Show simple item record

dc.contributor.authorFAIROZA, Ayu Dinda
dc.date.accessioned2023-08-08T08:26:48Z
dc.date.available2023-08-08T08:26:48Z
dc.date.issued2023-02-18
dc.identifier.nim190210402083en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117550
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juni_2023_22 Finalisasi unggah file repositori tanggal 8 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractGuru maupun calon guru harus memiliki keterampilan dasar dalam mengajar. Salah satunya adalah keterampilan bertanya. Keterampilan bertanya merupakan keterampilan berbahasa yang dilakukan untuk mendapatkan jawaban atau umpan balik dari orang lain. Seorang guru pastinya mengharapkan jawaban atau informasi yang berkualitas dari siswa. Dengan demikian itu, guru harus menggunakan strategi bertanya agar informasi yang diberikan lebih akurat. Strategi bertanya dalam pembelajaran harus dikuasai oleh calon guru. Terlebih lagi guru Bahasa Indonesia yang sangat memperhatikan bahasa yang diucapkan kepada siswa. Seperti halnya mahasiswa Asistensi Mengajar dari Universitas Jember yang mengikuti kegiatan mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember. Terdapat beberapa pendapat mengenai suasana pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember yang kurang komunikatif oleh mahasiswa Asistensi Mengajar yang diakibatkan ketidaktepatannya strategi bertanya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti dengan judul “Strategi Bertanya Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Jember dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember”. Strategi Bertanya Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Jember dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 6 Jember penting dan menarik untuk diteliti karena berbagai alasan, antara lain; (1) ketika mahasiswa memberikan pertanyaan kepada siswa, terdapat strategi bertanya yang digunakan dan berkaitan dengan ragam jenis pertanyaa; (2) terdapat strategi bertanya yang digunakan mahasiswa berdasarkan kesantunan berbahasa. Oleh karena itu, permasalahan yang aka dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah strategi bertanya yang digunakan oleh mahasiswa Asistensi Mengajar berkaitan dengan jenis pertanyaan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember?; (2) bagaimanakah strategi bertanya yang digunakan oleh mahasiswa Asistensi Mengajar berkaitan dengan kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember. Rancangan penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif. Data yang dibutuhkan berupa tuturan Mahasiswa Asistensi Mengajar Unniversitas Jember yang mengindikasikan kalimat tanya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember. Sumber data dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jember. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasannya, ditemukan beberapa strategi bertanya yang digunakan mahasiswa Asistensi Mengajar , yaitu terdiri dari yang berkaitan dengan jenis pertanyaan sesuai Taksonomi Bloom versi revisi; (1) jenis pertanyaan pengetahuan, (2) jenis pertanyaan pemahaman, dan (3) jenis pertanyaan analisis. Adapun strategi bertanya yang berkaitan dengan kesantunan berbahasa adalah kesantunan bertanya menggunakan kata penurun dan kesantunan bertanya menggunakan kata sapaan. Pada saat melakukan penelitian “Strategi Bertanya Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Jember dalam Proses Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri 6 jember” peneliti tidak melakukan penelitian lebih mendalam mengenai strategi bertanya yang berkaitan dengan kesantunan berbahasa dalam bentuk maksim kesantunan. Oleh karena itu disarankan peneliti lain yang sebidang ilmu untuk melalukan penelitian tentang strategi bertanya berkaitan dengan kesantuan berbahasa dalam bentuk maksim kesantunan. Selain itu, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan diskusi pada mata kuliah Pragmatik dan Pembelajaran Bahasa Indonesia mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. Sukatman, M.Pd.; Dosen Pembimbing anggota : Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMETODE PENGAJARANen_US
dc.subjectKESANTUNAN BERBAHASAen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAen_US
dc.subjectSTRATEGI BERTANYAen_US
dc.titleStrategi Bertanya Mahasiswa Asistensi Mengajar Universitas Jember dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 6 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sukatman, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juni_2023_22en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record