Show simple item record

dc.contributor.authorKRISTAGUS, Habelius Ronny
dc.date.accessioned2023-08-08T08:25:16Z
dc.date.available2023-08-08T08:25:16Z
dc.date.issued2023-05-25
dc.identifier.nim182410102079en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117549
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juni_2023_22 Finalisasi unggah file repositori tanggal 8 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractAplikasi Desktop e-SPT dirilis oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan tujuan utama untuk memproses data SPT wajib pajak yang disampaikan secara elektronik. Pengguna aplikasi e-SPT adalah seluruh pengguna yang mempunyai wajib pajak terkhususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan total sebanyak 9266 pengguna. Dalam penggunaan sistem ini terdapat beberapa proses yaitu menyusun laporan, lalu membuat file .csv, dan mengunggahnya melalui e-filling. Penelitian ini menggunakan metode Heuristic Evaluation. Variabel – variabel yang digunakan pada Heuristic Evaluation adalah Visibility of System Status, Match and Between System and The Real World, User Control and Freedom, Consistency and Standards, Error Prevention, Recognition Rather Than Recall, Flexibility and Efficiency of Use, Aesthetic and Minimalist Design, Help Users Recognize, Diagnose and Recovers From Errors serta Help and Documentation. Hasil dari penelitian ini yaitu memberikan rekomendasi perbaikan tiap item pada variabel Heuristic Evaluation. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi masalah kemudian dilanjutkan dengan studi literatur sebagai referensi peneliti. Kemudian dilanjutkan dengan penentuan sampel, penyusunan instrumen yang kemudian dijadikan item – item kuesioner serta dilakukan uji instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Dilanjutkan dengan pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 383 responden pengguna Aplikasi Desktop e-SPT. Hasil kuesioner yang telah didapat kemudian dilakukan analisa dan dihitung untuk mendapatkan severity ratings setiap item. Hasil severity ratings tersebut digunakan sebagai bahan rekomendasi perbaikan pada Aplikasi Desktop e-SPT. Hasil dari penelitian ini memiliki 30 item yang menghasilkan severity ratings. Terdapat 0 item yang menghasilkan severity ratings 4 (Usability Catastrophe) yang memiliki arti ditemukannya kesalahan fatal. Perbaikan wajib dilakukan sebelum digunakan kembali oleh pengguna. Selanjutnya terdapat 5 item yang menghasilkan severity ratings 3 (Major Usability Problem) yang memiliki arti terdapat masalah yang mengganggu kenyamanan pengguna dalam melakukan aktivitasnya. Dibutuhkan adanya perbaikan dengan tingkat proritas tinggi. Terdapat 9 item yang menghasilkan severity ratings 2 (Minor Usability Problem) yang memiliki arti terdapat potensi masalah mengganggu kenyamanan pengguna. Dibutuhkan perbaikan dengan tingkat prioritas rendah. Selanjutnya, terdapat 7 item yang menghasilkan severity ratings 1 (Cosmetic Problem) yang memiliki arti masalah tidak terlalu berpengaruh pada kenyamanan pengguna. Perbaikan tidak terlalu dibutuhkan jika waktu yang dimiliki terbatas. Terdapat 9 item yang menghasilkan severity ratings 0 (Don’t Agree) memiliki arti bukan sebuah permasalahan. Sistem nyaman digunakan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Fahrobby Adnan, S.Kom., M.MSI Dosen Pembimbing Anggota : Anang Andrianto, ST., MTen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Sistem Informasi dan Ilmu Komputeren_US
dc.subjectAPLIKASI PAJAKen_US
dc.subjectHEURISTIC EVALUATIONen_US
dc.subjectSEVERITY RATINGSen_US
dc.subjectUSER INTERFACEen_US
dc.titleEvaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi Desktop e-SPT Menggunakan Metode Heuristic Evaluationen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknologi Informasien_US
dc.identifier.pembimbing1Fahrobby Adnan, S.Kom., M.MSIen_US
dc.identifier.pembimbing2Anang Andrianto, ST., M.Ten_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juni_2023_22en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record