Pengaruh Buku Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Pokok Bahasan Bioteknologi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrial
Abstract
Salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah
kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam
memecahkan masalah dan mengambil suatu keputusan dari berbagai aspek dan
sudut pandang. Kemampuan berpikir kritis siswa yang baik ditandai dengan hasil
belajar yang memuaskan. Sedangkan siswa di Indonesia masih memiliki
kemampuan berpikir kritis yang rendah berdasarkan data dari Programme for
International Student Assesment (PISA) yang menduduki peringkat peringkat 71
dari 79 negara. Oleh karena itu, diperlukan adanya alternatif solusi yang dapat
membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh buku ajar berbasis
STEM khususnya materi Bioteknologi terhadap keterampilan berpikir kritis dan
hasil belajar siswa di SMAN 3 Jember.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Jember pada semester genap tahun
ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII MIPA di SMAN 3
Jember. Penentuan sampel penelitian diperoleh menggunakan uji kesetaraan One
Way-Anova sehingga terpilih sampel yang terdiri dari 31 siswa XII MIPA 2
sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 4 sebagai kelas kontrol melalui teknik
random sampling. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pre Test-Post
Test-Control Group Design dengan teknik pengumpulan data utama melalui Pre
Test dan Post Test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar
kognitif siswa. Sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotor melalui teknik
observasi. Adapun teknik pengumpulan data pendukung lainnya berupa
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini
untuk keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif menggunakan uji
hipotesis statistik parametrik ANAKOVA. Adapun untuk hasil belajar afektif dan
hasil belajar psikomotor menggunakan uji statistik parameterik Independent
Sample T-Test. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25
for windows.
Berdasarkan analisis data keterampilan berpikir kritis dengan uji
ANAKOVA didapat nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,00<0,05. Berikutnya, dengan uji
yang sama yaitu uji ANAKOVA diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,00<0,05 untuk
hasil belajar kognitif. Sedangkan analisis data hasil belajar afektif menggunakan
uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,001<0,05 dan
0,00<0,05 untuk hasil belajar psikomotor berdasarkan hasil uji Independent
Sample T-Test. Dari hasil analisis data tersebut maka diartikan bahwa H0 ditolak
dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh buku ajar
berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa ranah
kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas XII SMA di kawasan pertanian
industrial.