Show simple item record

dc.contributor.authorKHOIROH, Kamilatul
dc.date.accessioned2023-08-08T03:46:43Z
dc.date.available2023-08-08T03:46:43Z
dc.date.issued2023-05-19
dc.identifier.nim190210103028en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117522
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_agustus_2023_4en_US
dc.description.abstractSalah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik adalah kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah dan mengambil suatu keputusan dari berbagai aspek dan sudut pandang. Kemampuan berpikir kritis siswa yang baik ditandai dengan hasil belajar yang memuaskan. Sedangkan siswa di Indonesia masih memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah berdasarkan data dari Programme for International Student Assesment (PISA) yang menduduki peringkat peringkat 71 dari 79 negara. Oleh karena itu, diperlukan adanya alternatif solusi yang dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh buku ajar berbasis STEM khususnya materi Bioteknologi terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa di SMAN 3 Jember. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Jember pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XII MIPA di SMAN 3 Jember. Penentuan sampel penelitian diperoleh menggunakan uji kesetaraan One Way-Anova sehingga terpilih sampel yang terdiri dari 31 siswa XII MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XII MIPA 4 sebagai kelas kontrol melalui teknik random sampling. Desain yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pre Test-Post Test-Control Group Design dengan teknik pengumpulan data utama melalui Pre Test dan Post Test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa. Sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotor melalui teknik observasi. Adapun teknik pengumpulan data pendukung lainnya berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini untuk keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif menggunakan uji hipotesis statistik parametrik ANAKOVA. Adapun untuk hasil belajar afektif dan hasil belajar psikomotor menggunakan uji statistik parameterik Independent Sample T-Test. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25 for windows. Berdasarkan analisis data keterampilan berpikir kritis dengan uji ANAKOVA didapat nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,00<0,05. Berikutnya, dengan uji yang sama yaitu uji ANAKOVA diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,00<0,05 untuk hasil belajar kognitif. Sedangkan analisis data hasil belajar afektif menggunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,001<0,05 dan 0,00<0,05 untuk hasil belajar psikomotor berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test. Dari hasil analisis data tersebut maka diartikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh buku ajar berbasis STEM terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kelas XII SMA di kawasan pertanian industrial.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd Kamalia Fikri, S.Pd., M.Pden_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBIOTEKNOLOGIen_US
dc.subjectBUKU AJARen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR KRITISen_US
dc.subjectPERTANIAN INDUSTRIALen_US
dc.titlePengaruh Buku Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Pokok Bahasan Bioteknologi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrialen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Kamalia Fikri, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_agustus_2023_4en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_08_tanggal 08en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record