Pengaruh Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap Literasi Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN Balung
Abstract
Pendidikan saat ini berada pada abad ke-21 dan dikenal juga dengan istilah
era revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan berkembang pesatnya ilmu
pengetahuan dan teknologi. Dengan demikian, keterampilan yang harus dimiliki
oleh peserta didik pada abad ke-21 ini adalah keterampilan literasi sains (NCRL
dan Metiri Group, 2003). Literasi sains diperlukan agar mampu menjawab
beberapa persoalan dan juga isu di masyarakaat. Literasi sains di Indonesia masih
terbilang rendah. Hal ini diperlukan peningkatan kemampuan literasi sains. Setiap
proses belajar dan mengajar akan menghasilkan hasil belajar. Masalah yang
biasanya dihadapi adalah sampai di manakah tingkatan hasil belajar yang dicapai
itu. Menyikapi permasalahan literasi sains dan hasil belajar siswa, yang berkaitan
dengan kondisi kegiatan pembelajaran di kelas, maka perlu upaya perbaikan dan
inovasi dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Balung pada tanggal 24 Januari 2023
sampai 7 Februari 2023 semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh kelas X SMAN Balung yang terdiri dari 9 kelas. Penentuan pengambilan
sampel dilakukan dengan menggunakan data nilai Ulangan Tengah Semester
(UTS) semester ganjil yang dilanjutkan uji normalitas dan uji homogenitas
menggunakan uji ANOVA dengan aplikasi SPSS. Setelah dilakukan uji
normalitas dan uji homogenitas, ternyata sampel yang diperoleh berdistribusi
normal dan homogen. Dengan demikian penentuan sampel dilakukan melalui
metode Sample Random Sampling untuk menentukan kelas kontrol dan kelas
eksperimen.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan test. Data
yang dianalisis adalah data kemampuan literasi sains dan hasil belajar akhir.
Sedangkan data pendukung dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Untuk mengetahui pengaruh pengaplikasian metode pembelajaran SQ3R (Survey,
Question, Read, Recite,and Review) terhadap kemampuan literasi sains siswa
dapat dianalisis dengan menggunakan Uji Anakova (Analisis Kovariat) dengan
menggunakan pre-test sebagai kovariatnya, dengan taraf signifikansi sebesar 5%.
Untuk mengetahui pengaruh pengapliaksian metode pembelajaran SQ3R (Survey,
Question, Read, Recite,and Review) terhadap hasil belajar, khususnya aspek
kognitif siswa, dapat dianalisis dengan menggunakan Uji Anakova (Analisis
Kovariat) dengan menggunakan pre-test sebagai kovariatnya dengan taraf
signifikansi 5%.
Hasil penelilian metode pembelajaran SQ3R terhadap literasi sains siswa
diperoleh menunjukkan angka signifikansi 0,000. Karena nilainya jauh di bawah
0,05 maka H0 ditolak. Sehingga terdapat pengaruh metode pembelajaran SQ3R
terhadap literasi sains siswa. Hasil penelilian metode pembelajaran SQ3R
terhadap hasil belajar siswa diperoleh angka signifikansi 0,000. Karena nilai
signifikansi di bawah 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa. Siswa
yang diberi perlakuan dengan menggunakan metode SQ3R menunjukkan bahwa
hasil belajar lebih tinggi. Metode SQ3R memberikan kesempatan membaca dan
melibatkan siswa secara penuh dalam membangun pengetahuan. Penerapan
metode SQ3R memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap literasi sains siswa.
Rendahnya kemampuan literasi sains dapat ditingkatkan dengan membiasakan diri
untuk bertanya dan membaca. Dengan hal tersebut akan tumbuh rasa ingin tahu
yang tinggi pada siswa