• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Daya Tarik dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Niat Berwisata Kembali ke Gunung Ijen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (1.212Mb)
    Date
    2022-04-19
    Author
    SARASWATI, Aisah Rizkia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pariwisata merupakan salah satu sektor penunjang ekonomi terbesar di dunia karena mempunyai pertumbuhan yang sangat pesat dan juga merupakan salah satu penggerak utama kemajuan sosio ekonomi dengan penerimaan devisa dan juga terbukanya lapangan pekerjaan. Kabupaten atau kota yang memiliki potensi alam yang melimpah merupakan daya tarik wisatawan luar negeri maupun domestik untuk berkunjung. Selain daya tarik wisata, Pengalaman Pelanggan yang baik dan positif akan mendorong terciptanya sebuah ikatan emosional antara keindahan wisata yang dapat meningkatkan suatu kesetiaan dan wisatawan akan merasa ingin mengunjungi kembali tempat wisata yang berarti wisatawan tersebut merasa puas. Salah satu wisata alam yang berada di Jawa Timur adalah Wisata Gunung Ijen. Gunung Ijen memiliki daya tarik yang berbeda dibanding dengan wisata alam yang lainnya khususnya gunung yaitu blue fire yang berada di dalam kawah gunung tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh daya tarik dan Pengalaman Pelanggan terhadap kepuasan konsumen dan niat berwisata kembali pada Gunung Ijen, menguji dan menganalisis kepuasan wisatawan terhadap niat berwisata kembali ke Gunung Ijen, menguji dan menganalisis peran mediasi kepuasan konsumen dalam pengaruh daya tarik terhadap niat berwisata kembali pada Gunung Ijen, , menguji dan menganalisis peran mediasi kepuasan konsumen dalam Pengalaman Pelanggan terhadap niat berwisata kembali pada Gunung Ijen. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 responden dengan menggunakan metode non probability sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menyebar kuesioner online maupun offline. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan hasil analisis menunjukkan bahwa variabel daya tarik wisata dan Pengalaman Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, variabel daya tarik wisata, Pengalaman Pelanggan dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap niat berkunjung kembali, variabel kepuasan konsumen memediasi pengaruh Daya Tarik Wisata dan Pengalaman Pelanggan terhadap niat berkunjung kembali di Wisata Gunung Ijen.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117465
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12521]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository