• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Kemampuan Scientific Communication Skill di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    AKBAR FATAHILLAH FAQIH_REPOSITORY UNEJ.pdf (3.414Mb)
    Date
    2023-02-24
    Author
    FAQIH, Akbar Fatahillah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu masalah di dunia pendidikan adalah lemahnya dalam proses pembelajaran, kurangnya pendidik dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran, hal ini membuat peserta didik hanya menghafal informasi lalu dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, akibatnya output yang diterima oleh peserta didik setelah lulus adalah hanya mengerti secara teori tetapi tidak dalam secara pengaplikasian. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMAN 1 Jember bahwa mayoritas peserta didik kurang bersemangat atau kurangnya antusias dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran geografi. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya faktor seperti contohnya pendidik yang masih menggunakan metode konvensional seperti metode ceramah dalam membawakan suatu materi yang nantinya disampaikan kepada peserta didik. Materi Dinamika Litosfer merupakan materi yang di penuhi dengan berbagai hafalan yang membuat tidak sedikit pendidik menggunakan metode ceramah, hasilnya dalam proses pembelajaran peserta didik menjadi objek yang pasif sehingga peserta didik menganggap bahwa mata pelajaran geografi merupakan mata pelajaran yang membosankan dengan membutuhkan hafalan-hafalan yang membuat peserta didik tidak fokus atau bosan terhadap materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran project based learning berbasis teknologi informasi terhadap kemampuan scientific communication skills di SMA. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Pada penelitian ini menggunakan sampel 72 sampel, 72 peserta didik terdiri dari 36 peserta didik pada kelas X4 dan 36 peserta didik pada X2. Pengumpulan data menggunakan posttest-pretest dan rubrik untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan Scientific Communication Skill, selanjutnya dilakukan uji homogenitas, normalitas, hipotesis dan uji N-gain menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil perhitungan N-Gain dan selisih nilai pretest-posttest mayoritas mendapatkan rentang nilai diangka 37 sampai 43, sedangkan pada kelas kontrol cenderung lebih rendah yaitu rentang 23 sampai 38. Ukuran skor N-Gain pada kelas ekperimen mayoritas peserta didik mendapatkan skor N-Gain golongan tinggi yaitu 0,70-1,00, tetapi terdapat juga tiga peserta didik yang mendapatkan skor N-Gain sedang yaitu 0,30-0,70. Pada nilai N-gain kelas kontrol mayoritas peserta didik mendapatkan skor N-Gain sedang yaitu 0,30-0,70. Penilaian rubrik scientifik communication skill sebagai data tambahan untuk meyakinkan bahwa dengan model pembelajaran PjBL salah satu indikator dari scientifik communication skill yaitu dapat menyampaikan materi dengan jelas, mayoritas peserta didik mendapatkan poin yang tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat efektifitas model pembelajaran Project based learning terhadap scientific communication skills pada peserta didik kelas ekperimen yaitu X4 SMAN 1 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat hasil dari uji hipotesis yang menunjukan nilai signifikan sebesar 0,00 dan di perjelas kembali pada uji N-gain kelas ekperimen mendapatkan nilai 0,749 memiliki skor N-Gain tinggi dan kelas kontrol 0,546 dengan skor N-Gain sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan dan juga kemampuan scientific communication skills peserta didik.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117401
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository