Show simple item record

dc.contributor.authorFAQIH, Akbar Fatahillah
dc.date.accessioned2023-08-01T02:28:13Z
dc.date.available2023-08-01T02:28:13Z
dc.date.issued2023-02-24
dc.identifier.nim190210303008en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117401
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juli_2023_13; Finalisasi oleh Taufik Tgl 1 Agustus 2023en_US
dc.description.abstractSalah satu masalah di dunia pendidikan adalah lemahnya dalam proses pembelajaran, kurangnya pendidik dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran, hal ini membuat peserta didik hanya menghafal informasi lalu dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari, akibatnya output yang diterima oleh peserta didik setelah lulus adalah hanya mengerti secara teori tetapi tidak dalam secara pengaplikasian. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SMAN 1 Jember bahwa mayoritas peserta didik kurang bersemangat atau kurangnya antusias dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran geografi. Hal ini dipengaruhi oleh banyaknya faktor seperti contohnya pendidik yang masih menggunakan metode konvensional seperti metode ceramah dalam membawakan suatu materi yang nantinya disampaikan kepada peserta didik. Materi Dinamika Litosfer merupakan materi yang di penuhi dengan berbagai hafalan yang membuat tidak sedikit pendidik menggunakan metode ceramah, hasilnya dalam proses pembelajaran peserta didik menjadi objek yang pasif sehingga peserta didik menganggap bahwa mata pelajaran geografi merupakan mata pelajaran yang membosankan dengan membutuhkan hafalan-hafalan yang membuat peserta didik tidak fokus atau bosan terhadap materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran project based learning berbasis teknologi informasi terhadap kemampuan scientific communication skills di SMA. Jenis penelitian pada penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Pada penelitian ini menggunakan sampel 72 sampel, 72 peserta didik terdiri dari 36 peserta didik pada kelas X4 dan 36 peserta didik pada X2. Pengumpulan data menggunakan posttest-pretest dan rubrik untuk mengukur efektivitas model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan Scientific Communication Skill, selanjutnya dilakukan uji homogenitas, normalitas, hipotesis dan uji N-gain menggunakan bantuan SPSS versi 25. Hasil perhitungan N-Gain dan selisih nilai pretest-posttest mayoritas mendapatkan rentang nilai diangka 37 sampai 43, sedangkan pada kelas kontrol cenderung lebih rendah yaitu rentang 23 sampai 38. Ukuran skor N-Gain pada kelas ekperimen mayoritas peserta didik mendapatkan skor N-Gain golongan tinggi yaitu 0,70-1,00, tetapi terdapat juga tiga peserta didik yang mendapatkan skor N-Gain sedang yaitu 0,30-0,70. Pada nilai N-gain kelas kontrol mayoritas peserta didik mendapatkan skor N-Gain sedang yaitu 0,30-0,70. Penilaian rubrik scientifik communication skill sebagai data tambahan untuk meyakinkan bahwa dengan model pembelajaran PjBL salah satu indikator dari scientifik communication skill yaitu dapat menyampaikan materi dengan jelas, mayoritas peserta didik mendapatkan poin yang tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat efektifitas model pembelajaran Project based learning terhadap scientific communication skills pada peserta didik kelas ekperimen yaitu X4 SMAN 1 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat hasil dari uji hipotesis yang menunjukan nilai signifikan sebesar 0,00 dan di perjelas kembali pada uji N-gain kelas ekperimen mendapatkan nilai 0,749 memiliki skor N-Gain tinggi dan kelas kontrol 0,546 dengan skor N-Gain sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan dan juga kemampuan scientific communication skills peserta didik.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sri Astutik. M.SC Era Iswara Pangastuti. S.Pd,. M.Scen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPROJECT BASED LEARNINGen_US
dc.subjectSCIENTIFIC COMMUNICATION SKILLSen_US
dc.subjectPENDIDIKAN GEOGRAFIen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Kemampuan Scientific Communication Skill di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik. M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Era Iswara Pangastuti. S.Pd., M.Scen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juli_2023_13en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record