• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan dan Validasi Instrumen untuk Menggali Persepsi Siswa dan Guru Sains terhadap Implementasi Integrated STEM Education pada Topik Siklus Hidrologi Banjir Tahunan

    Thumbnail
    View/Open
    Mochammad Afif Sholahuddin - 190210103121.pdf (3.626Mb)
    Date
    2023-04-12
    Author
    SHOLAHUDDIN, Mochammad Afif
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses pengembangan dan validitas instrumen untuk menggali persepsi siswa dan guru. Tahapan pengembangan instrumen persepsi ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, konstruksi, evaluasi kuantitatif, dan validasi. Persepsi guru terhadap pembelajaran akan mempengaruhi tindakan guru di dalam kelas, proses pembelajaran, dan kinerja guru dalam menyampaikan materi mempengaruhi proses belajar siswa. Salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan STEM, pembelajaran dengan pendekatan pendidikan STEM terintegrasi juga dapat meningkatkan kreativitas siswa dan kemampuan mengidentifikasi dan memecahkan masalah sehari-hari. Analisis faktor eksploratori menunjukkan bahwa instrumen persepsi siswa membentuk tiga faktor. Faktor I mengacu pada domain Pemahaman Siswa, faktor II mengacu pada domain Pengalaman, dan faktor III mengacu pada Minat Siswa. Penelitian ini memperoleh 13 item pernyataan dengan nilai loading factor >0,4 yang akan menjadi instrumen final. Seluruh item pada instrumen final valid dan reliabel, dengan nilai cronbach's alpha untuk masing-masing domain Pemahaman Siswa sebesar 0,86, Minat Siswa sebesar 0,81, Pengalaman sebesar 0,84, dan hasil inter-rater agreement sebesar 80%. Rekomendasi instrumen persepsi terhadap sains secara khusus dapat digunakan untuk menilai tingkat kuantitatif terkait kognisi, afektif, dan penerapan pendidikan berbasis STEM yang dapat dilakukan oleh guru sains secara bersamaan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117296
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository