Show simple item record

dc.contributor.authorSHOLAHUDDIN, Mochammad Afif
dc.date.accessioned2023-07-20T02:46:15Z
dc.date.available2023-07-20T02:46:15Z
dc.date.issued2023-04-12
dc.identifier.nim190210103121en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117296
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl.20 Juli 2023en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses pengembangan dan validitas instrumen untuk menggali persepsi siswa dan guru. Tahapan pengembangan instrumen persepsi ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, konstruksi, evaluasi kuantitatif, dan validasi. Persepsi guru terhadap pembelajaran akan mempengaruhi tindakan guru di dalam kelas, proses pembelajaran, dan kinerja guru dalam menyampaikan materi mempengaruhi proses belajar siswa. Salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan STEM, pembelajaran dengan pendekatan pendidikan STEM terintegrasi juga dapat meningkatkan kreativitas siswa dan kemampuan mengidentifikasi dan memecahkan masalah sehari-hari. Analisis faktor eksploratori menunjukkan bahwa instrumen persepsi siswa membentuk tiga faktor. Faktor I mengacu pada domain Pemahaman Siswa, faktor II mengacu pada domain Pengalaman, dan faktor III mengacu pada Minat Siswa. Penelitian ini memperoleh 13 item pernyataan dengan nilai loading factor >0,4 yang akan menjadi instrumen final. Seluruh item pada instrumen final valid dan reliabel, dengan nilai cronbach's alpha untuk masing-masing domain Pemahaman Siswa sebesar 0,86, Minat Siswa sebesar 0,81, Pengalaman sebesar 0,84, dan hasil inter-rater agreement sebesar 80%. Rekomendasi instrumen persepsi terhadap sains secara khusus dapat digunakan untuk menilai tingkat kuantitatif terkait kognisi, afektif, dan penerapan pendidikan berbasis STEM yang dapat dilakukan oleh guru sains secara bersamaan.en_US
dc.description.sponsorshipBevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Dr. Drs. Slamet Hariyadi, M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSISWA DAN GURU SAINSen_US
dc.subjectINSTRUMEN SURVEIen_US
dc.subjectSTEM EDUCATIONen_US
dc.titlePengembangan dan Validasi Instrumen untuk Menggali Persepsi Siswa dan Guru Sains terhadap Implementasi Integrated STEM Education pada Topik Siklus Hidrologi Banjir Tahunanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Drs. Slamet Hariyadi, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juli_2023_18en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record