dc.contributor.author | SHOLAHUDDIN, Mochammad Afif | |
dc.date.accessioned | 2023-07-20T02:46:15Z | |
dc.date.available | 2023-07-20T02:46:15Z | |
dc.date.issued | 2023-04-12 | |
dc.identifier.nim | 190210103121 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117296 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl.20 Juli 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis proses pengembangan dan validitas instrumen untuk menggali persepsi siswa dan guru. Tahapan pengembangan instrumen persepsi ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, konstruksi, evaluasi kuantitatif, dan validasi. Persepsi guru terhadap pembelajaran akan mempengaruhi tindakan guru di dalam kelas, proses pembelajaran, dan kinerja guru dalam menyampaikan materi mempengaruhi proses belajar siswa. Salah satunya adalah pembelajaran dengan pendekatan STEM, pembelajaran dengan pendekatan pendidikan STEM terintegrasi juga dapat meningkatkan kreativitas siswa dan kemampuan mengidentifikasi dan memecahkan masalah sehari-hari. Analisis faktor eksploratori menunjukkan bahwa instrumen persepsi siswa membentuk tiga faktor. Faktor I mengacu pada domain Pemahaman Siswa, faktor II mengacu pada domain Pengalaman, dan faktor III mengacu pada Minat Siswa. Penelitian ini memperoleh 13 item pernyataan dengan nilai loading factor >0,4 yang akan menjadi instrumen final. Seluruh item pada instrumen final valid dan reliabel, dengan nilai cronbach's alpha untuk masing-masing domain Pemahaman Siswa sebesar 0,86, Minat Siswa sebesar 0,81, Pengalaman sebesar 0,84, dan hasil inter-rater agreement sebesar 80%. Rekomendasi instrumen persepsi terhadap sains secara khusus dapat digunakan untuk menilai tingkat kuantitatif terkait kognisi, afektif, dan penerapan pendidikan berbasis STEM yang dapat dilakukan oleh guru sains secara bersamaan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.
Dr. Drs. Slamet Hariyadi, M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | SISWA DAN GURU SAINS | en_US |
dc.subject | INSTRUMEN SURVEI | en_US |
dc.subject | STEM EDUCATION | en_US |
dc.title | Pengembangan dan Validasi Instrumen untuk Menggali Persepsi Siswa dan Guru Sains terhadap Implementasi Integrated STEM Education pada Topik Siklus Hidrologi Banjir Tahunan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Biologi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Drs. Slamet Hariyadi, M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_juli_2023_18 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |