Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 8 Subtema 3 Materi Keberagaman Jenis Pekerjaan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Siswa Kelas IV di SDN 5 Ngajum Malang
Abstract
Pemanfaatan perkembangan teknologi dapat dijadikan media atau sarana guru untuk menyampaikan materi kepada peserta didik. Media pembelajaran merupakan alat bantu atau perantara yang dapat memudahkan setiap guru dalam menyampaikan materi saat proses pembelajaran. Kreatifitas dan kemahiran tentunya, diperlukan dalam membuat atau mendesain media pembelajaran agar terlihat menarik. Canva adalah aplikasi yang dapat menjadi alternatif mudah digunakan guru dalam mendesain media pembelajaran. Canva merupakan aplikasi desain grafis, aplikasi canva telah menyediakan berbagai ribuan template dan fitur animasi yang cukup menarik serta berbagai opsi desain yang ingin dibuat. Aplikasi canva dapat dimanfaatkan dalam mendesain berbagai media pembelajaran khususnya untuk media video pembelajaran. Peserta didik diharapkan lebih memahami materi melalui media video yang didesain semenarik mungkin menggunakan aplikasi canva memuat aspek gambar bergerak, ditambahkan berbagai animasi menarik dan dibantu suara seperti narasi beserta teks-teks penjelasan terkait materi tersebut yang dihubungkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual. Melalui pembelajaran kontekstual dapat digunakan dalam mengaitkan materi yang sedang dipelajari peserta didik dengan dunia nyata sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran khususnya di kelas IV pada pembelajaran tema 8 subtema 3 materi keberagaman jenis pekerjaan yang terdapat dalam pembelajaran IPS yang pada dasarnya menggambarkan aspek kajian yang mengkaji aktivitas sosial yang ada di lingkungan masyarakat.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Penerapan dua bahasa untuk membuat media pembelajaran matematika berbantuan komputer merupakan upaya pembaharuan dalam pengembangan media pembelajaran matematika untuk membantu proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah desain media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga) SMP Kelas VIII Semester 2?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan aplikasi media pembelajaran matematika berbantuan komputer dengan Bilingual Based Instruction yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara mandiri pada pokok bahasan Bangun Ruang Sisi Tegak (Dimensi Tiga).
Ikhsanul Halikin (2013-12-24)Graf merupakan salah satu cabang matematika yang penting dan banyak manfaatnya. Topologi sebuah jaringan merupakan salah satu dari sekian banyak contoh yang dapat dimodelkan dengan graf. Seiring dengan beragam permasalahan ... -
PENERAPAN MODEL METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP LEARNING CYCLE 5E DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
SOLAHUDIN AL AYUBI (2014-01-23)Rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang pendidikan masih merupakan masalah yang sulit dipecahkan oleh pendidik, terutama pada pembelajaran Fisika. Pembelajaran fisika di sekolah-sekolah pada umumnya masih menggunakan ... -
Variabel-Variabel Pembelajaran: Taksonomi Tujuan Pembelajaran, Taksonomi Hasil Belajar, Karakteristik Pebelajar, Strategi dan Metode Pembelajaran, Organisasi Isi Pembelajaran
Ani, Hety Mustika (2013-07-01)Character education aims to improve the quality of the implementation and outcomes of education that leads to the completed, integrated and balanced achievements of the character building and good moral values of students, ...