Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso
Abstract
Permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia disebabkan beberapa
faktor yaitu guru masih belum optimal dalam menerapkan model, media, teknik,
dan pendekatan yang bervariasi dalam pembelajaran di kelas. Model Project
Based Learning merupakan model yang memberikan kemudahan bagi siswa
dalam membuat karya nyata yang berkaitan dengan materi pembelajaran di kelas
untuk dirancang, dilaksanakan, dan dipresentasikan di depan orang lain. Siswa
dituntut untuk berinovasi dan berkreasi sehingga dapat menarik kesimpulan dari
projek yang dibuat. Model Project Based Learning yang dikolaborasikan dengan
media pembelajaran Powtoon atau media berbasis audiovisual diharapkan mampu
untuk memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN
Sekarputih 02 Bondowoso dengan Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 5
pokok bahasan IPA pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain
penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah
56 siswa kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso. Metode Pengumpulan data
menggunakan wawancara, dan tes. Sebelum melakukan penelitian maka kedua
kelas dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil dari uji homogenitas
kedua variansi data yaitu diperoleh sebesar 0,161 > 0,05 (Homogen). Hasil uji
normalitas kedua variansi data yaitu (0,331; 0,103; 0,208; 0,032) > 0,05
(Berdistribusi normal). Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-test diketahui
bahwasannya nilai thitung menunjukkan angka sebesar 5.929. Diketahui derajat
kebebasan (db) yaitu (28+28)-2 = 54). Nilai ttabel dapat dilihat pada tabel distribusi
t dengan nilai ttabel bernilai 2.004, sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel (5.929 >
2.004). Berdasarkan hal tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan
uji keefektifan relatif penggunaan model Project Based Learning berbantuan
media powtoon dalam meningkatkan hasil belajar sebesar 14%. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwasannya terdapat pengaruh model Project Based
Learning berbantuan media powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN
Sekarputih 02 Bondowoso dan persentase keefektifan relatifnya yaitu 14%.