• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI NEW PPKI UNTUK SIDANG (1).pdf (5.093Mb)
    Date
    2023-05-16
    Author
    RAHMATULLAH, Muhammad Haris
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia disebabkan beberapa faktor yaitu guru masih belum optimal dalam menerapkan model, media, teknik, dan pendekatan yang bervariasi dalam pembelajaran di kelas. Model Project Based Learning merupakan model yang memberikan kemudahan bagi siswa dalam membuat karya nyata yang berkaitan dengan materi pembelajaran di kelas untuk dirancang, dilaksanakan, dan dipresentasikan di depan orang lain. Siswa dituntut untuk berinovasi dan berkreasi sehingga dapat menarik kesimpulan dari projek yang dibuat. Model Project Based Learning yang dikolaborasikan dengan media pembelajaran Powtoon atau media berbasis audiovisual diharapkan mampu untuk memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Sekarputih 02 Bondowoso dengan Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 5 pokok bahasan IPA pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso. Metode Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan tes. Sebelum melakukan penelitian maka kedua kelas dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil dari uji homogenitas kedua variansi data yaitu diperoleh sebesar 0,161 > 0,05 (Homogen). Hasil uji normalitas kedua variansi data yaitu (0,331; 0,103; 0,208; 0,032) > 0,05 (Berdistribusi normal). Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-test diketahui bahwasannya nilai thitung menunjukkan angka sebesar 5.929. Diketahui derajat kebebasan (db) yaitu (28+28)-2 = 54). Nilai ttabel dapat dilihat pada tabel distribusi t dengan nilai ttabel bernilai 2.004, sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel (5.929 > 2.004). Berdasarkan hal tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji keefektifan relatif penggunaan model Project Based Learning berbantuan media powtoon dalam meningkatkan hasil belajar sebesar 14%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasannya terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan media powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso dan persentase keefektifan relatifnya yaitu 14%.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117264
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository