Show simple item record

dc.contributor.authorRAHMATULLAH, Muhammad Haris
dc.date.accessioned2023-07-17T03:33:20Z
dc.date.available2023-07-17T03:33:20Z
dc.date.issued2023-05-16
dc.identifier.nim190210204095en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117264
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juni_2023_22 Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Juli 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPermasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia disebabkan beberapa faktor yaitu guru masih belum optimal dalam menerapkan model, media, teknik, dan pendekatan yang bervariasi dalam pembelajaran di kelas. Model Project Based Learning merupakan model yang memberikan kemudahan bagi siswa dalam membuat karya nyata yang berkaitan dengan materi pembelajaran di kelas untuk dirancang, dilaksanakan, dan dipresentasikan di depan orang lain. Siswa dituntut untuk berinovasi dan berkreasi sehingga dapat menarik kesimpulan dari projek yang dibuat. Model Project Based Learning yang dikolaborasikan dengan media pembelajaran Powtoon atau media berbasis audiovisual diharapkan mampu untuk memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Sekarputih 02 Bondowoso dengan Tema 7 Subtema 3 Pembelajaran 1 dan 5 pokok bahasan IPA pengaruh kalor terhadap perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 siswa kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso. Metode Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan tes. Sebelum melakukan penelitian maka kedua kelas dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas. Hasil dari uji homogenitas kedua variansi data yaitu diperoleh sebesar 0,161 > 0,05 (Homogen). Hasil uji normalitas kedua variansi data yaitu (0,331; 0,103; 0,208; 0,032) > 0,05 (Berdistribusi normal). Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-test diketahui bahwasannya nilai thitung menunjukkan angka sebesar 5.929. Diketahui derajat kebebasan (db) yaitu (28+28)-2 = 54). Nilai ttabel dapat dilihat pada tabel distribusi t dengan nilai ttabel bernilai 2.004, sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel (5.929 > 2.004). Berdasarkan hal tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji keefektifan relatif penggunaan model Project Based Learning berbantuan media powtoon dalam meningkatkan hasil belajar sebesar 14%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasannya terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan media powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowoso dan persentase keefektifan relatifnya yaitu 14%.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Drs. Nuriman, Ph.D Dosen Pembimbing anggota :Kendid Mahmudi, S.Pd.,M.Pfisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROJECT BASED LEARNINGen_US
dc.subjectMEDIA POWTOONen_US
dc.subjectMETODE PEMBELAJARAen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.titlePengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sekarputih 02 Bondowosoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juni_2023_22en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record