• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Suhu, Pemuaian, dan Kalor di SMA

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI ULLIYAH TRISNA WIDAYATI.pdf (1.454Mb)
    Date
    2023-01-23
    Author
    WIDAYATI, Ulliyah Trisna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bagi sebagian besar siswa, mata pelajaran fisika dianggap sebagai materi yang menakutkan karena banyak didominasi oleh perhitungan matematis atau dalam kata lain ialah rumus. Adapun permasalahan ini mendorong peneliti untuk menerapkan model pembelajaran yang berbeda untuk menarik perhatian siswa dalam belajar. Penelitian ini memberikan salah solusi alternatif yakni dengan menerapkan Model Pembelajaran Picture and Picture. Penelitian yang berjenis penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design ini dilaksanakan di SMAN 11 Kota Jambi. Populasi pada penelitian ini ada empat kelas dengan penentuan sampel penelitian menggunakan uji homogenitas oleh SPSS 23. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji t-test Mann Whitney U-Test, karena didapatkan uji normalitas bernilai tidak normal. Berdasarkan hasil dari uji normalitas dengan one sample kolmogorov Smirnov didapatkan hasil 0.000 yang mengindikasikan bahwa 0.000<0.05, artinya ialah hasil post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol bernilai tidak normal. Ketidaknormalan hasil tersebut selanjutnya dilakukan uji komparasi untuk melihat seberapa signifikan perbedaan hasil post-test pada kedua sampel. Hasil yang didapat melalui Mann Whitney U-Test adalah 0.000. Dengan arti 0.000<0.05 yang mengindikasikan adanya perbedaan hasil post-test yang signifikan pada kedua kelas tersebut. Data variabel respon siswa dikumpulkan melalui angket dengan acuan Skala Likert. Adapun hasil yang didapat ialah persentase 85% mengindikasikan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran Picture and Picture termasuk dalam kategori sangat positif. Kesimpulan pada penelitian ini ialah model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Adapun model pembelajaran Picture and Picture ini mendapat respon yang sangat positif dari siswa selaku obyek dalam penelitian ini.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117257
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository