Show simple item record

dc.contributor.authorWIDAYATI, Ulliyah Trisna
dc.date.accessioned2023-07-16T23:21:41Z
dc.date.available2023-07-16T23:21:41Z
dc.date.issued2023-01-23
dc.identifier.nim190210102050en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117257
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 17 Juli 2023en_US
dc.description.abstractBagi sebagian besar siswa, mata pelajaran fisika dianggap sebagai materi yang menakutkan karena banyak didominasi oleh perhitungan matematis atau dalam kata lain ialah rumus. Adapun permasalahan ini mendorong peneliti untuk menerapkan model pembelajaran yang berbeda untuk menarik perhatian siswa dalam belajar. Penelitian ini memberikan salah solusi alternatif yakni dengan menerapkan Model Pembelajaran Picture and Picture. Penelitian yang berjenis penelitian eksperimen dengan desain posttest-only control design ini dilaksanakan di SMAN 11 Kota Jambi. Populasi pada penelitian ini ada empat kelas dengan penentuan sampel penelitian menggunakan uji homogenitas oleh SPSS 23. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji t-test Mann Whitney U-Test, karena didapatkan uji normalitas bernilai tidak normal. Berdasarkan hasil dari uji normalitas dengan one sample kolmogorov Smirnov didapatkan hasil 0.000 yang mengindikasikan bahwa 0.000<0.05, artinya ialah hasil post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol bernilai tidak normal. Ketidaknormalan hasil tersebut selanjutnya dilakukan uji komparasi untuk melihat seberapa signifikan perbedaan hasil post-test pada kedua sampel. Hasil yang didapat melalui Mann Whitney U-Test adalah 0.000. Dengan arti 0.000<0.05 yang mengindikasikan adanya perbedaan hasil post-test yang signifikan pada kedua kelas tersebut. Data variabel respon siswa dikumpulkan melalui angket dengan acuan Skala Likert. Adapun hasil yang didapat ialah persentase 85% mengindikasikan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran Picture and Picture termasuk dalam kategori sangat positif. Kesimpulan pada penelitian ini ialah model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Adapun model pembelajaran Picture and Picture ini mendapat respon yang sangat positif dari siswa selaku obyek dalam penelitian ini.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Trapsilo Prihandono, M. Si. Firdha Kusuma Ayu Anggraeni S.Si, M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPICTURE AND PICTUREen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN FISIKAen_US
dc.subjectSUHUen_US
dc.subjectPEMUAIANen_US
dc.subjectKALORen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Suhu, Pemuaian, dan Kalor di SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Trapsilo Prihandono, M. Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Firdha Kusuma Ayu Anggraeni S.Si, M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Juni_2023_6en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record