• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Agriculture
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Pemasaran Produk Kopi “Greenlike” pada KSU Buah Ketakasi Melalui Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan SWOT

    Thumbnail
    View/Open
    Sherly Fitria Nur Andini_191510601023_SKRIPSI Repository.pdf (2.121Mb)
    Date
    2023-04-13
    Author
    ANDINI, Sherly Fitria Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember memiliki potensi alam yaitu komoditas kopi. Terdapat unit usaha pengolahan panen dan pasca panen kopi yaitu Koperasi Serba Usaha (KSU) Buah Ketakasi. Greenlike merupakan produk olahan kopi hijau yang tidak melalui proses roasting. Produk kopi Greenlike memiliki permasalahan diantaranya yaitu pemasaran produk yang belum terlalu luas, produksi yang hanya melalui sistem pre order, media sosial yang kurang aktif, dan masyarakat yang belum familiar terhadap produk kopi Greenlike. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bisnis produk kopi Greenlike menggunakan Business Model Canvas (BMC) kemudian menentikan strategi pemasaran menggunakan SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan fenomenologi. Analisis data yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi 9 elemen Business Model Canvas (BMC) pada produk Greenlike perlu adanya perbaikan. Pada Key Partnership diperlukan Kerjasama dengan pihak terkait seperti komunitas kesehatan, reseller, pemasok, dan pemerintah. Pada poin Channels juga diperlukan penambahan media promosi secara online yang didukung oleh penambahan Cost Structure untuk biaya promosi produk. Adapun alternatif strategi yang dapat diterapkan adalah menjaga mutu dan kualitas bahan baku serta meningkatkan produktivitas usaha, memberikan edukasi mengenai manfaat produk Greenlike secara langsung maupun melalui media sosial, dan meningkatkan pelayanan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117227
    Collections
    • UT-Faculty of Agriculture [4411]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository