Strategi Pemasaran Produk Kopi “Greenlike” pada KSU Buah Ketakasi Melalui Pendekatan Business Model Canvas (BMC) dan SWOT
Abstract
Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember memiliki potensi alam yaitu komoditas kopi. Terdapat unit usaha pengolahan panen dan pasca panen kopi yaitu Koperasi Serba Usaha (KSU) Buah Ketakasi. Greenlike merupakan produk olahan kopi hijau yang tidak melalui proses roasting. Produk kopi Greenlike memiliki permasalahan diantaranya yaitu pemasaran produk yang belum terlalu luas, produksi yang hanya melalui sistem pre order, media sosial yang kurang aktif, dan masyarakat yang belum familiar terhadap produk kopi Greenlike. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bisnis produk kopi Greenlike menggunakan Business Model Canvas (BMC) kemudian menentikan strategi pemasaran menggunakan SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan fenomenologi. Analisis data yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) dan SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa identifikasi 9 elemen Business Model Canvas (BMC) pada produk Greenlike perlu adanya perbaikan. Pada Key Partnership diperlukan Kerjasama dengan pihak terkait seperti komunitas kesehatan, reseller, pemasok, dan pemerintah. Pada poin Channels juga diperlukan penambahan media promosi secara online yang didukung oleh penambahan Cost Structure untuk biaya promosi produk. Adapun alternatif strategi yang dapat diterapkan adalah menjaga mutu dan kualitas bahan baku serta meningkatkan produktivitas usaha, memberikan edukasi mengenai manfaat produk Greenlike secara langsung maupun melalui media sosial, dan meningkatkan pelayanan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4239]