• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon pada Materi Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Muhamad Nur Setiawan.pdf (2.738Mb)
    Date
    2023-02-07
    Author
    Setiawan, Muhamad Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan, motivasi dan rangsangan belajar. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu guru dan peserta didik dalam mengefektifkan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah media pembelajaran berbentuk cerita animasi. Selain itu, pengembangan tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan, yaitu kurikulum Merdeka. Kurikulum yang dimaksud memiliki salah satu tujuan pembelajaran salahsatunya adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk cerita animasi berbantuan software Lectora Inspire dan Plotagon pada sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Proses pengembangan media pembelajaran ini menggunkan model 4D milik Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP dipilih dalam penelitian ini karena sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti, yang mana menunjukkan bahwa pada sekolah yang akan digunakan sebagai tempat penelitian memiliki nilai pembelajaran yang masih rendah pada materi tersebut. Sementara itu, pemilihan software Lectora Inspire dan Plotagon didasarkan kepada tersedianya fitur-fitur yang lengkap pada kedua media tersebut serta mampu menunjang pembuatan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi yang dipilih yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel . Beberapa kelebihan yang dimiliki Lectora Inspire diantaranya adalah software yang relatif mudah untuk digunakan karena tidak memerlukan pemahaman bahasa pemrograman yang rumit dan juga adanya fitur publish memudahkan pengguna untuk mempublikasikan media menjadi berbagai output misalnya seperti HTML atau single file executable (exe.). Adapun fitur yang menjadi kelebihan software Plotagon yang tidak dimiliki software pembuat animasi lain adalah kemampuan untuk menambahkan subtitle yang membantu animator untuk menampilkan dialog yang diucapkan oleh karakter, sehingga tidak perlu menambahkan subtitle menggunakan aplikasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Validasi dilakukan oleh validator yang terdiri atas dua dosen pendidikan matematika dan satu guru SMP Negeri 7 Jember. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan. Selanjutnya, dilakukan uji coba untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran. Uji keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media dan uji kepraktisan media berasal angket respon peserta didik tentang media yang digunakan. Hasil pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini, sebagai berikut: 1) Media pembelajran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, ditunjukan dengan nilai validasi pengembangan media pembelajaran sebesar 3,66 atau dapat dikategorikan valid. 2) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan, ditunjukkan dengan dengan nilai presentase respon peserta didik sebesar 92% atau dapat dikategorikan baik. 3) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan, ditunjukkan dengan presentase N-Gain hasil pretest dan posttest sebesar 79% atau dapat kategorikan efektif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117199
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15469]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository