Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon pada Materi Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat penggunaan media
pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat
membangkitkan keinginan, motivasi dan rangsangan belajar. Penggunaan media
pembelajaran berbasis teknologi informasi pada tahap orientasi pengajaran akan
sangat membantu guru dan peserta didik dalam mengefektifkan proses
pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran. Salah satu bentuk
pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah
media pembelajaran berbentuk cerita animasi. Selain itu, pengembangan tersebut
tentunya harus disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan, yaitu kurikulum
Merdeka. Kurikulum yang dimaksud memiliki salah satu tujuan pembelajaran
salahsatunya adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan media pembelajaran berbentuk cerita animasi berbantuan software
Lectora Inspire dan Plotagon pada sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linear
Dua Variabel untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Proses
pengembangan media pembelajaran ini menggunkan model 4D milik Thiagarajan
yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan
(design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).
Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP dipilih dalam
penelitian ini karena sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti,
yang mana menunjukkan bahwa pada sekolah yang akan digunakan sebagai tempat
penelitian memiliki nilai pembelajaran yang masih rendah pada materi tersebut.
Sementara itu, pemilihan software Lectora Inspire dan Plotagon didasarkan kepada tersedianya fitur-fitur yang lengkap pada kedua media tersebut serta mampu
menunjang pembuatan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi
yang dipilih yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel . Beberapa kelebihan
yang dimiliki Lectora Inspire diantaranya adalah software yang relatif mudah untuk
digunakan karena tidak memerlukan pemahaman bahasa pemrograman yang rumit
dan juga adanya fitur publish memudahkan pengguna untuk mempublikasikan
media menjadi berbagai output misalnya seperti HTML atau single file executable
(exe.). Adapun fitur yang menjadi kelebihan software Plotagon yang tidak dimiliki
software pembuat animasi lain adalah kemampuan untuk menambahkan subtitle
yang membantu animator untuk menampilkan dialog yang diucapkan oleh karakter,
sehingga tidak perlu menambahkan subtitle menggunakan aplikasi lain.
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid,
praktis, dan efektif. Validasi dilakukan oleh validator yang terdiri atas dua dosen
pendidikan matematika dan satu guru SMP Negeri 7 Jember. Hal tersebut dilakukan
untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan. Selanjutnya,
dilakukan uji coba untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan media
pembelajaran. Uji keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik setelah
menggunakan media dan uji kepraktisan media berasal angket respon peserta didik
tentang media yang digunakan. Hasil pengembangan media pembelajaran pada
penelitian ini, sebagai berikut:
1) Media pembelajran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan,
ditunjukan dengan nilai validasi pengembangan media pembelajaran sebesar
3,66 atau dapat dikategorikan valid.
2) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan,
ditunjukkan dengan dengan nilai presentase respon peserta didik sebesar 92%
atau dapat dikategorikan baik.
3) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan,
ditunjukkan dengan presentase N-Gain hasil pretest dan posttest sebesar 79%
atau dapat kategorikan efektif.