Show simple item record

dc.contributor.authorSetiawan, Muhamad Nur
dc.date.accessioned2023-07-12T08:40:01Z
dc.date.available2023-07-12T08:40:01Z
dc.date.issued2023-02-07
dc.identifier.nim180210101104en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117199
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 12 Juli 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPesatnya perkembangan teknologi saat ini membuat penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan, motivasi dan rangsangan belajar. Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi pada tahap orientasi pengajaran akan sangat membantu guru dan peserta didik dalam mengefektifkan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran adalah media pembelajaran berbentuk cerita animasi. Selain itu, pengembangan tersebut tentunya harus disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan, yaitu kurikulum Merdeka. Kurikulum yang dimaksud memiliki salah satu tujuan pembelajaran salahsatunya adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbentuk cerita animasi berbantuan software Lectora Inspire dan Plotagon pada sub pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Proses pengembangan media pembelajaran ini menggunkan model 4D milik Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII SMP dipilih dalam penelitian ini karena sesuai dengan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti, yang mana menunjukkan bahwa pada sekolah yang akan digunakan sebagai tempat penelitian memiliki nilai pembelajaran yang masih rendah pada materi tersebut. Sementara itu, pemilihan software Lectora Inspire dan Plotagon didasarkan kepada tersedianya fitur-fitur yang lengkap pada kedua media tersebut serta mampu menunjang pembuatan media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi yang dipilih yaitu Sistem Persamaan Linear Dua Variabel . Beberapa kelebihan yang dimiliki Lectora Inspire diantaranya adalah software yang relatif mudah untuk digunakan karena tidak memerlukan pemahaman bahasa pemrograman yang rumit dan juga adanya fitur publish memudahkan pengguna untuk mempublikasikan media menjadi berbagai output misalnya seperti HTML atau single file executable (exe.). Adapun fitur yang menjadi kelebihan software Plotagon yang tidak dimiliki software pembuat animasi lain adalah kemampuan untuk menambahkan subtitle yang membantu animator untuk menampilkan dialog yang diucapkan oleh karakter, sehingga tidak perlu menambahkan subtitle menggunakan aplikasi lain. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif. Validasi dilakukan oleh validator yang terdiri atas dua dosen pendidikan matematika dan satu guru SMP Negeri 7 Jember. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan. Selanjutnya, dilakukan uji coba untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran. Uji keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media dan uji kepraktisan media berasal angket respon peserta didik tentang media yang digunakan. Hasil pengembangan media pembelajaran pada penelitian ini, sebagai berikut: 1) Media pembelajran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, ditunjukan dengan nilai validasi pengembangan media pembelajaran sebesar 3,66 atau dapat dikategorikan valid. 2) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kepraktisan, ditunjukkan dengan dengan nilai presentase respon peserta didik sebesar 92% atau dapat dikategorikan baik. 3) Media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan, ditunjukkan dengan presentase N-Gain hasil pretest dan posttest sebesar 79% atau dapat kategorikan efektif.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Arif Fatahillah, S.Pd., M.Si. Dosen Pembimbing 2 : Robiatul Adawiyah., S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPlotagonen_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectLectora Inspireen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir kritisen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Lectora Inspire dan Plotagon pada Materi Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Arif Fatahillah, S.Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Robiatul Adawiyah., S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung-8 Juni 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record