• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Brand Image, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen pada Produk Mi Lemonilo

    Thumbnail
    View/Open
    0a67b73d_2023_06_tanggal 27 (3.882Mb)
    Date
    2023-03-14
    Author
    DIENDARA, Nadifa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pola hidup sehat telah tumbuh menjadi suatu tren gaya hidup yang diminati saat ini di dunia, termasuk juga Indonesia. Semakin banyak masyarakat yang memperhatikan pola hidup, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan sehat. Teknologi mempermudah pekerjaan manusia seperti tersedianya aneka olahan pangan yang dapat disimpan dalam jangka waktu lama, sehingga makanan tersebut akan tetap awet dan praktis dalam penyajiannya. Salah satu makanan instan adalah mi instan. Persaingan produk semakin meningkat karena telah banyak merek mi instan yang berada di pasar. Dari data Top Brand Mi Instan di Indonesia periode tahun 2021diketahui bahwa Mi Lemonilo belum mampu untuk merebut pangsa pasar mi instan di Indonesia. Selain itu, pendapatan penjualan Mi Lemonilo mengalami kenaikan dan penurunan pada bulan April-Agustus 2022. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) rata-rata pengeluaran perkapita seminggu untuk produk mi instan di Jawa Timur selama tahun 2018-2021 selalu fluktuatif. Adapun yang dapat menjadi salah satu faktor yang menjadi penyebab merosotnya tingkat konsumsi mayarakat Jawa Timur terhadap mi instan yaitu karena adanya transformasi pola hidup dan konsumsi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis variabel yang mempengaruhi loyalitas konsumen produk Mi Lemonilo yang dimediasi oleh kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research.Responden yang diteliti yaitu konsumen produk Mi Lemonilo dengan teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang dipilih sebanyak 190 responden yang diperoleh dengan melakukan penyebaran angket/kuesioner kepada responden yang memenuhi kriteria. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) yang dioperasikan melalui program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 26.Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen; (2) Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen; (3) Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen; (4) Brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen; (5) Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen; (6) Kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen; (7) Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen; (8) Brand image berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen; (9) Promosi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen; (10) Kualitas produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117127
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12433]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository