Pengembangan Instructional Unit Integrated STEM Education Berbasis Socio-Scientific Issue pada Vaksin dalam Materi Virus untuk Mengasah Kemampuan Kolaborasi Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instructional unit integrated STEM education berbasis SSI untuk mengasah
kemampuan kolaborasi siswa. Kemampuan kolaborasi merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa pada abad
ke-21 ini. Namun, pada keadaan sebenarnya, kemampuan kolaborasi siswa di sekolah masih rendah, sehingga diperlukan suatu
inovasi pembelajaran untuk membantu mengasah kemampuan kolaborasi siswa. Salah satu inovasi yang dapat digunakan untuk
membantu mengasah kemampuan kolaborasi siswa adalah dengan menggunakan pendekatan STEM terintegasi yang dipadukan
dengan topik SSI. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Selain
mengunakan model pengembangan ADDIE, dilakukan juka uji validitas, uji kepraktisan, dan uji skala terbatas terhadap
instructional unit yang telah dikembangkan. Hasil penelitian yang didapatkan, yaitu pada hasil uji validitas oleh para ahli didapatkan
nilai rata-rata sebesar 87%. Kemudian pada hasil uji kepraktisan yanng diisi melalui angket respon siswa mendapatkan skor ratarata 88,89%. Dan hasil uji skala terbatas yang dianalisis menggunakan wilcoxon test menunjukkan nilai z sebesar -5,102 dengan
besar pengaruh (d) sebesar 4,08 dengan kriteria memiliki efek tinggi.berdasarkan uraian yang telah dijabarkan sebelumnya,
sehingga dapat disimpulkan bahwa validitas instructional unit memiliki kriteria sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran.
Selain itu, berdasarkan hasil uji kepraktisan, didaoatkan hasil responden terhadap penggunaan instructional unit memiliki kriteria
sangat praktis dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian hasil uji skala terbatas instructional unit menunjukkan hasil bahwa
instructional unit yang telah dikembangkan memiliki pengaruh yang signifikan untuk mengasah kemampuan kolaborasi siswa.
Untuk mengasah kemampuan kolaborasi siswa, STEM terintegrasi yang dipadukan dengan topik SSI sangat cocok diterapkan
karena pendekatan STEM tersebut merupakan suatu pendekatan berbasis masalah.