Show simple item record

dc.contributor.authorANGGRAENI, Yolanda
dc.date.accessioned2023-06-26T21:00:16Z
dc.date.available2023-06-26T21:00:16Z
dc.date.issued2023-05-10
dc.identifier.nim190210103128en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117107
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 27 Juni 2023en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instructional unit integrated STEM education berbasis SSI untuk mengasah kemampuan kolaborasi siswa. Kemampuan kolaborasi merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa pada abad ke-21 ini. Namun, pada keadaan sebenarnya, kemampuan kolaborasi siswa di sekolah masih rendah, sehingga diperlukan suatu inovasi pembelajaran untuk membantu mengasah kemampuan kolaborasi siswa. Salah satu inovasi yang dapat digunakan untuk membantu mengasah kemampuan kolaborasi siswa adalah dengan menggunakan pendekatan STEM terintegasi yang dipadukan dengan topik SSI. Metode penelitian yang dilakukan, yaitu dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Selain mengunakan model pengembangan ADDIE, dilakukan juka uji validitas, uji kepraktisan, dan uji skala terbatas terhadap instructional unit yang telah dikembangkan. Hasil penelitian yang didapatkan, yaitu pada hasil uji validitas oleh para ahli didapatkan nilai rata-rata sebesar 87%. Kemudian pada hasil uji kepraktisan yanng diisi melalui angket respon siswa mendapatkan skor ratarata 88,89%. Dan hasil uji skala terbatas yang dianalisis menggunakan wilcoxon test menunjukkan nilai z sebesar -5,102 dengan besar pengaruh (d) sebesar 4,08 dengan kriteria memiliki efek tinggi.berdasarkan uraian yang telah dijabarkan sebelumnya, sehingga dapat disimpulkan bahwa validitas instructional unit memiliki kriteria sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, berdasarkan hasil uji kepraktisan, didaoatkan hasil responden terhadap penggunaan instructional unit memiliki kriteria sangat praktis dalam kegiatan pembelajaran. Kemudian hasil uji skala terbatas instructional unit menunjukkan hasil bahwa instructional unit yang telah dikembangkan memiliki pengaruh yang signifikan untuk mengasah kemampuan kolaborasi siswa. Untuk mengasah kemampuan kolaborasi siswa, STEM terintegrasi yang dipadukan dengan topik SSI sangat cocok diterapkan karena pendekatan STEM tersebut merupakan suatu pendekatan berbasis masalah.en_US
dc.description.sponsorshipBevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D. Aditrya Kurniawan., S.Si., M. Biomeden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectINSTRUCTIONAL UNITen_US
dc.subjectSOCIO-SCIENTIFIC ISSUEen_US
dc.subjectKEMAMPUAN KOLABORASIen_US
dc.subjectINTEGRATED STEM EDUCATIONen_US
dc.subjectVIRUS-VAKSINen_US
dc.titlePengembangan Instructional Unit Integrated STEM Education Berbasis Socio-Scientific Issue pada Vaksin dalam Materi Virus untuk Mengasah Kemampuan Kolaborasi Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aditya Kurniawan, S.Si., M. Biomeden_US
dc.identifier.validatorValidasi unggah file repository_Iswahyudi_Mei 2023 Tanggal 31en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record