• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kinerja Pelayanan Administrasi Aparatur Pemerintah Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan

    Thumbnail
    View/Open
    doc (1).pdf (2.294Mb)
    Date
    2023-04-13
    Author
    AMALIA Z., Tyaning Ayuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja pelayanan administrasi Aparatur Pemerintah Desa Pademawu Timur Kabupaten Pamekasan. Fenomena muncul karena adanya beberapa prestasi yang diraih oleh Desa Pademawu Timur salah satunya yaitu Desa Pademawu Timur termasuk sebagai kategori 3 desa mandiri dari total 178 desa di Kabupaten Pamekasan yang tersebar di 13 Kecamatan, namun terkait kinerja pelayanan administrasi yang diberikan oleh aparatur desa cenderung masih dinilai lemah oleh masyarakat setempat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan menggunakan paradigma positivistik dengan jenis data kualitatif menggunakan dimensi penilaian kinerja pelayanan aparatur menurut Zeithaml, lima dimensi tersebut yaitu Berwujud (Tangibles), Keandalan (Reability), Responsif (Responsiveness), Keyakinan (Assurance), dan Empati (Empathy). Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari studi lapangan yakni dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan komponen analisis data interaktif kualitatif menurut Miles, Huberman dan Saldana (2014). Hasil penelitian ini membahas tentang kinerja pelayanan administrasi di Desa Pademawu Timur berdasarkan teori kinerja pelayanan menurut Zeithaml yang meliputi kondisi sarana dan prasarana, keandalan aparatur, keresponsifan, keyakinan, dan empati. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa. Kinerja Pelayanan Administrasi Aparatur Pemerintah Desa Pademawu Timur telah memenuhi dimensi kinerja pelayanan menurut teori Zeithaml. Berdasarkan lima dimensi penilaian kinerja menurut Zeithaml diatas terdapat 2 dimensi kinerja yang kurang memumpuni di Desa Pademawu Timur, yaitu dimensi Berwujud dan dimensi Keandalan. Terdapat sarana dan prasarana penunjang kinerja aparatur dalam pelayanan administrasi yang belum tersedia dan terdapat rangkap jabatan terkait pelaksanaan tugas dikarenakan tidak semua aparatur dapat mengoperasikan komputer dan pelayanan secara online. Kata Kunci: kinerja, pelayanan administrasi, aparatur pemerintah desa.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116945
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5676]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository