Show simple item record

dc.contributor.authorAMALIA Z., Tyaning Ayuni
dc.date.accessioned2023-06-15T21:58:52Z
dc.date.available2023-06-15T21:58:52Z
dc.date.issued2023-04-13
dc.identifier.nim190910201114en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116945
dc.descriptionFinalisasi repositori 16 Juni 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractArtikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kinerja pelayanan administrasi Aparatur Pemerintah Desa Pademawu Timur Kabupaten Pamekasan. Fenomena muncul karena adanya beberapa prestasi yang diraih oleh Desa Pademawu Timur salah satunya yaitu Desa Pademawu Timur termasuk sebagai kategori 3 desa mandiri dari total 178 desa di Kabupaten Pamekasan yang tersebar di 13 Kecamatan, namun terkait kinerja pelayanan administrasi yang diberikan oleh aparatur desa cenderung masih dinilai lemah oleh masyarakat setempat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif menggunakan menggunakan paradigma positivistik dengan jenis data kualitatif menggunakan dimensi penilaian kinerja pelayanan aparatur menurut Zeithaml, lima dimensi tersebut yaitu Berwujud (Tangibles), Keandalan (Reability), Responsif (Responsiveness), Keyakinan (Assurance), dan Empati (Empathy). Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari studi lapangan yakni dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan komponen analisis data interaktif kualitatif menurut Miles, Huberman dan Saldana (2014). Hasil penelitian ini membahas tentang kinerja pelayanan administrasi di Desa Pademawu Timur berdasarkan teori kinerja pelayanan menurut Zeithaml yang meliputi kondisi sarana dan prasarana, keandalan aparatur, keresponsifan, keyakinan, dan empati. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa. Kinerja Pelayanan Administrasi Aparatur Pemerintah Desa Pademawu Timur telah memenuhi dimensi kinerja pelayanan menurut teori Zeithaml. Berdasarkan lima dimensi penilaian kinerja menurut Zeithaml diatas terdapat 2 dimensi kinerja yang kurang memumpuni di Desa Pademawu Timur, yaitu dimensi Berwujud dan dimensi Keandalan. Terdapat sarana dan prasarana penunjang kinerja aparatur dalam pelayanan administrasi yang belum tersedia dan terdapat rangkap jabatan terkait pelaksanaan tugas dikarenakan tidak semua aparatur dapat mengoperasikan komputer dan pelayanan secara online. Kata Kunci: kinerja, pelayanan administrasi, aparatur pemerintah desa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Suji, S.Sos, M. Si Dosen Pembimbing Anggota : Hermanto Rohman, S.Sos, M.PAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectKinerjaen_US
dc.subjectPelayanan Administrasien_US
dc.subjectAparatur pemerintah desaen_US
dc.subjectKabupaten Pamekasanen_US
dc.titleKinerja Pelayanan Administrasi Aparatur Pemerintah Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Suji, S.Sos, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Hermanto Rohman, S.Sos, M.PAen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juni_2023_13en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record