Manajemen Pelayanan Kesehatan Jamaah Haji di Puskesmas Kalisat Kabupaten Jember
Date
2022-01Author
PRATIWI, Purwita Dwi Arysca
WITCAHYO, Eri
HERAWATI, Yennike Tri
Metadata
Show full item recordAbstract
Upaya kesehatan yang diberikan kepada jamaah haji pada seluruh kegiatan penyelenggaraan ibadah haji mulai dari tahap pertama hingga tahap ketiga dilakukan dalam bentuk kuratif dan rehabilitatif. Tercapainya pelayanan kesehatan haji yang berkualitas memerlukan manajemen yang mengatur pelaksanaan pelayanan kesehatan haji. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengelolaan pelayanan kesehatan jamaah haji di Puskesmas Kalisat, Kabupaten Jember menggunakan teori Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting, dan Budgeting (POSDCORB). Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah 2 orang yang terdiri atas koordinator kesehatan haji Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dan Kepala Puskesmas Kalisat; informan utama terdiri dari 2 orang yaitu Koordinator Kesehatan Haji Puskesmas Kalisat dan petugas puskesmas; sedangkan informan tambahan terdiri dari 3 jamaah haji di Kecamatan Kalisat. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebagian besar informan memahami proses perencanaan dan manajemen pelayanan kesehatan haji yang dilakukan di puskesmas, dan masih terdapat sedikit masalah tentang ketidakpahaman jamaah haji.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]