• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Permainan Beruang (Berburu Angka) terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik pada Kelompok A di PAUD Terpadu Al Furqan Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi Alif Khurin Ain.pdf (1.913Mb)
    Date
    2023-02-24
    Author
    Kurin’Ain, Alif
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Aspekikognitif anakimencakup beberapa ranah, salah satunya adalah berpikir simbolik. Anak yang berpikir secara simbolik memanfaatkan simbol untuk mengkomunikasikan informasi tentang hal-hal yang tidak langsung ada di hadapannya. Tujuan pemikiran simbolik adalah untuk meningkatkan kapasitas seseorang untuk berpikir abstrak. Pada tahap berpikir simbolik anak sudah dapat mengungkapkan konsep yang ada dalam pikiran dan imajinasinya dan diungkapkan dalam bentuk kata-kata maupun kalimat meliputi kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 serta lambang huruf vokal dan konsonan. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan berpikir simbolik dalam hal membilang bilangan 1-10, mengenal konsep bilangan dan mengenal lambang bilangan 1-10. Hal ini disebabkan oleh hasil pengamatan yang dilaksanakanndi PAUD Terpadu Al Furqan Jember pada kemampuan berpikir simbolik anak belum optimal seperti terdapat anak belum mampu membilang banyak benda 1- 10, terdapat anak belum mampu memahami konsep bilangan seperti lambang bilangan 5 sama seperti jumlah 5 benda, terdapat juga anak yang belum mengenal lambang bilangan 1-10 dengan baik atau masih memerlukan bantuan. Mengingat keadaan ini, permainan beruang (berburu angka) diuji untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap keterampilan berpikir simbolik anak-anak. Berdasarkannlatar belakanggtersebut, makaarumusan masalahipenelitian ini adalah: Apakah permainannberuang (berburu angka) di PAUD Terpadu Al Furqan Jember berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik kelompok A? Tujuanndari penelitian ini adalah untuk mengetahuiiapakah permainan beruang (berburu angka) di PAUD Terpadu Al Furqan Jember berdampak pada kemampuan berpikir simbolik kelompok A. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Terpadu Al FurqaniJember. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok A yang berjumlah 87anak dan 31 anak di kelas A1 dan A2 menjadi sampel penelitian. Jenis penelitianiini menggunakan desaininon equivalent control group design dalam penelitian quasi-experimental. Teknik sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi. T-test Sample Independent adalah analisisidata yang dipakai dalamipenelitian kuantitatifiini. Menurut temuan penelitian, permainan beruang (berburu angka) berpengaruh pada kemampuan berpikir simbolik pada kelompok A di PAUD Terpadu Al Furqan Jember. Rata-rata nilai pretets dan posttest kelompok eksperimen 62,66 dan 88, sedangkan rata-rata nilai pretest dan posttest kelompok kontrol adalah 62,5 dan 81,56. Berdasarkan hasil perhitungan uji T-test sampel terpisah menggunakan SPSSiversi 16.0, hasil analisis statistik pada tingkat signifikansi 0,05ididapatkan nilaiip value sebesar 0,007. Berdasarkan hasil tersebut didapati bahwa pivalue 0,007 < 0,05 sehingga diterimaadan ditolakkyang artinya permainan berburu angka berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik pada anak kelompok A si PAUD Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Beberapa saran yang dapat diberikan kepada guru adalah permainan beruang (berburu angka) sangat berguna untuk digunakan dalam kegiatan bermain di luar kelas karena merangsang aspek-aspek kemampuan berpikir simbolik anak. Rekomendasi selanjutnya adalah agar kepala PAUD menjadikan permainan beruang (berburu angka) menjadi referensi kegiatan PAUD yang melibatkan permainan edukatif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116845
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository