Pengaruh Permainan Beruang (Berburu Angka) terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik pada Kelompok A di PAUD Terpadu Al Furqan Jember
Abstract
Aspekikognitif anakimencakup beberapa ranah, salah satunya adalah
berpikir simbolik. Anak yang berpikir secara simbolik memanfaatkan simbol
untuk mengkomunikasikan informasi tentang hal-hal yang tidak langsung ada di
hadapannya. Tujuan pemikiran simbolik adalah untuk meningkatkan kapasitas
seseorang untuk berpikir abstrak. Pada tahap berpikir simbolik anak sudah dapat
mengungkapkan konsep yang ada dalam pikiran dan imajinasinya dan
diungkapkan dalam bentuk kata-kata maupun kalimat meliputi kemampuan
mengenal lambang bilangan 1-10 serta lambang huruf vokal dan konsonan.
Penelitian ini difokuskan pada kemampuan berpikir simbolik dalam hal
membilang bilangan 1-10, mengenal konsep bilangan dan mengenal lambang
bilangan 1-10. Hal ini disebabkan oleh hasil pengamatan yang dilaksanakanndi
PAUD Terpadu Al Furqan Jember pada kemampuan berpikir simbolik anak
belum optimal seperti terdapat anak belum mampu membilang banyak benda 1-
10, terdapat anak belum mampu memahami konsep bilangan seperti lambang
bilangan 5 sama seperti jumlah 5 benda, terdapat juga anak yang belum mengenal
lambang bilangan 1-10 dengan baik atau masih memerlukan bantuan. Mengingat
keadaan ini, permainan beruang (berburu angka) diuji untuk mengetahui ada
tidaknya pengaruh terhadap keterampilan berpikir simbolik anak-anak.
Berdasarkannlatar belakanggtersebut, makaarumusan masalahipenelitian
ini adalah: Apakah permainannberuang (berburu angka) di PAUD Terpadu Al
Furqan Jember berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik kelompok A?
Tujuanndari penelitian ini adalah untuk mengetahuiiapakah permainan beruang
(berburu angka) di PAUD Terpadu Al Furqan Jember berdampak pada
kemampuan berpikir simbolik kelompok A.
Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Terpadu Al FurqaniJember. Populasi
penelitian adalah seluruh anak kelompok A yang berjumlah 87anak dan 31 anak
di kelas A1 dan A2 menjadi sampel penelitian. Jenis penelitianiini menggunakan
desaininon equivalent control group design dalam penelitian quasi-experimental.
Teknik sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik
pengumpulan data adalah observasi. T-test Sample Independent adalah
analisisidata yang dipakai dalamipenelitian kuantitatifiini.
Menurut temuan penelitian, permainan beruang (berburu angka)
berpengaruh pada kemampuan berpikir simbolik pada kelompok A di PAUD
Terpadu Al Furqan Jember. Rata-rata nilai pretets dan posttest kelompok
eksperimen 62,66 dan 88, sedangkan rata-rata nilai pretest dan posttest kelompok
kontrol adalah 62,5 dan 81,56. Berdasarkan hasil perhitungan uji T-test sampel
terpisah menggunakan SPSSiversi 16.0, hasil analisis statistik pada tingkat
signifikansi 0,05ididapatkan nilaiip value sebesar 0,007. Berdasarkan hasil
tersebut didapati bahwa pivalue 0,007 < 0,05 sehingga diterimaadan
ditolakkyang artinya permainan berburu angka berpengaruh terhadap kemampuan
berpikir simbolik pada anak kelompok A si PAUD Terpadu Al Furqan Jember
Tahun Ajaran 2022/2023.
Beberapa saran yang dapat diberikan kepada guru adalah permainan
beruang (berburu angka) sangat berguna untuk digunakan dalam kegiatan bermain
di luar kelas karena merangsang aspek-aspek kemampuan berpikir simbolik anak.
Rekomendasi selanjutnya adalah agar kepala PAUD menjadikan permainan
beruang (berburu angka) menjadi referensi kegiatan PAUD yang melibatkan
permainan edukatif.