Show simple item record

dc.contributor.authorKurin’Ain, Alif
dc.date.accessioned2023-06-13T22:08:14Z
dc.date.available2023-06-13T22:08:14Z
dc.date.issued2023-02-24
dc.identifier.nim190210205035en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116845
dc.descriptionFinalisasi repositori 14 Juni 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractAspekikognitif anakimencakup beberapa ranah, salah satunya adalah berpikir simbolik. Anak yang berpikir secara simbolik memanfaatkan simbol untuk mengkomunikasikan informasi tentang hal-hal yang tidak langsung ada di hadapannya. Tujuan pemikiran simbolik adalah untuk meningkatkan kapasitas seseorang untuk berpikir abstrak. Pada tahap berpikir simbolik anak sudah dapat mengungkapkan konsep yang ada dalam pikiran dan imajinasinya dan diungkapkan dalam bentuk kata-kata maupun kalimat meliputi kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 serta lambang huruf vokal dan konsonan. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan berpikir simbolik dalam hal membilang bilangan 1-10, mengenal konsep bilangan dan mengenal lambang bilangan 1-10. Hal ini disebabkan oleh hasil pengamatan yang dilaksanakanndi PAUD Terpadu Al Furqan Jember pada kemampuan berpikir simbolik anak belum optimal seperti terdapat anak belum mampu membilang banyak benda 1- 10, terdapat anak belum mampu memahami konsep bilangan seperti lambang bilangan 5 sama seperti jumlah 5 benda, terdapat juga anak yang belum mengenal lambang bilangan 1-10 dengan baik atau masih memerlukan bantuan. Mengingat keadaan ini, permainan beruang (berburu angka) diuji untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terhadap keterampilan berpikir simbolik anak-anak. Berdasarkannlatar belakanggtersebut, makaarumusan masalahipenelitian ini adalah: Apakah permainannberuang (berburu angka) di PAUD Terpadu Al Furqan Jember berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik kelompok A? Tujuanndari penelitian ini adalah untuk mengetahuiiapakah permainan beruang (berburu angka) di PAUD Terpadu Al Furqan Jember berdampak pada kemampuan berpikir simbolik kelompok A. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Terpadu Al FurqaniJember. Populasi penelitian adalah seluruh anak kelompok A yang berjumlah 87anak dan 31 anak di kelas A1 dan A2 menjadi sampel penelitian. Jenis penelitianiini menggunakan desaininon equivalent control group design dalam penelitian quasi-experimental. Teknik sampel yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi. T-test Sample Independent adalah analisisidata yang dipakai dalamipenelitian kuantitatifiini. Menurut temuan penelitian, permainan beruang (berburu angka) berpengaruh pada kemampuan berpikir simbolik pada kelompok A di PAUD Terpadu Al Furqan Jember. Rata-rata nilai pretets dan posttest kelompok eksperimen 62,66 dan 88, sedangkan rata-rata nilai pretest dan posttest kelompok kontrol adalah 62,5 dan 81,56. Berdasarkan hasil perhitungan uji T-test sampel terpisah menggunakan SPSSiversi 16.0, hasil analisis statistik pada tingkat signifikansi 0,05ididapatkan nilaiip value sebesar 0,007. Berdasarkan hasil tersebut didapati bahwa pivalue 0,007 < 0,05 sehingga diterimaadan ditolakkyang artinya permainan berburu angka berpengaruh terhadap kemampuan berpikir simbolik pada anak kelompok A si PAUD Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Beberapa saran yang dapat diberikan kepada guru adalah permainan beruang (berburu angka) sangat berguna untuk digunakan dalam kegiatan bermain di luar kelas karena merangsang aspek-aspek kemampuan berpikir simbolik anak. Rekomendasi selanjutnya adalah agar kepala PAUD menjadikan permainan beruang (berburu angka) menjadi referensi kegiatan PAUD yang melibatkan permainan edukatif.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd. :en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPermainan Beruang (Berburu Angka)en_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Simboliken_US
dc.subjectPAUD Terpadu Al Furqan Jemberen_US
dc.titlePengaruh Permainan Beruang (Berburu Angka) terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik pada Kelompok A di PAUD Terpadu Al Furqan Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung-5-Juni 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record