Evaluasi User Interface dan User Experience Aplikasi BRI Mobile (BRImo) terhadap Prespektif Generasi Z dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation
Abstract
Salah satu produk aplikasi mobile banking yang diluncurkan oleh BRI adalah BRI Mobile atau yang
dikenal BRImo. Rating aplikasi BRImo cukup tinggi, terlepas dari hal tersebut rating aplikasi BRImo
sering terjadi kenaikan dan penurunan dengan jangka waktu yang cukup cepat. Dari fenomena
tersebut perlu dilakukan sebuah penelitian untuk mengetahui aspek-aspek user interface dan user
experience yang perlu dipertahankan maupun diperbaiki. Tujuan dari penelitian ini adalah,
menghasilkan rekomendasi perbaikan aplikasi BRImo. Berdasarkan hasil analisis, metode evaluasi
user interface dan user experience aplikasi BRImo yang paling efektif adalah dengan menggunakan
heuristic evaluation. Dengan banyaknya generasi muda khususnya generasi Z yang menggunakan
aplikasi keuangan, dapat dilakukan penelitian yang berguna untuk meningkatkan kualitas aplikasi
BRImo. Hasil dari penelitian ini memiliki 35 item yang menghasilkan severity ratings. Terdapat 18
item yang menghasilkan severity ratings 1 atau cosmetic problem yang memiliki arti masalah tidak
terlalu berpengaruh pada kenyamanan pengguna dan perbaikan tidak terlalu dibutuhkan jika waktu
yang dimiliki terbatas. Selanjutnya terdapat 17 item yang menghasilkan severity ratings 0 atau don’t
agree yang memiliki arti bukan sebuah permasalahan dan sudah nyaman digunakan.