• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Literasi Digital Sebagai Penguatan Bargaining Position Produk Kreatif Dalam Pemberdayaan Kelompok Perempuan “Moss 1”

    Thumbnail
    View/Open
    FAPERTA_LITERASI DIGITAL SEBAGAI PENGUATAN BARGAINING POSITION.pdf (784.3Kb)
    Date
    2022-12-02
    Author
    IBANAH, Indah
    YANUARTI, Rizky
    LUTHFIYAH, Lenny
    MUTMAINNAH, Laily
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Mother School Sumbersari (MOSS) 1 merupakan Kelompok Binaan Bersama Kantor Urusan Agama (KUA) dan Penyuluh Sumbersari, di Lingkungan Sadengan, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Identik dengan kegiatan keagamaan, namun MOSS 1 memiliki ekstrakurikuler pada bidang entrepreneur atau kewirausahaan. Kegiatan kewirausahaan selama ini yang dilakukan oleh anggota MOSS 1 adalah menjual produk makanan dan minuman yang diproduksi oleh anggota saat acara kajian rutin atau hanya sebatas dari mulut ke mulut dan update status Whatsapp. Ada pun kegiatan pelatihan lain yang dilakukan seperti pelatihan merajut, meronce, dan penciptaan karya produk lainnya. MOSS 1 memiliki beberapa permasalahan pada pemasaran produk dan branding. Oleh sebab itu, solusi dan tujuan yang diberikan adalah pelatihan pembuatan brosur digital dan penguatan terhadap branding. Metode yang dilakukan: (1) penyuluhan, (2) pelatihan, (3) diskusi, dan (4) evaluasi. Hasil dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) khususnya pada kelompok MOSS 1 antaralain: (1) kegiatan penyuluhan berdiskusi mengenai arti penting digital marketing saat ini, pentingnya branding, merek, dan logo. Hasil (2) kegiatan pelatihan dipilih adalah pembuatan brosur online. Hal ini menjadi pilihan, karena Ibu-ibu sering mengirim foto produk melalui media sosial, khususnya Whatsapp yang sering diabaikan, karena dianggam sebagai spam. Berikut adalah tautan Jurnal Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Jember Volume 1, Nomor 2, Desember 2022 Ibanah, dkk. 79 brosur online yang telah dibuat dengan menggunakan aplikasi ‘imooji’: https://imooji.com/stage/v5/29NEB/94817. Hasil kegiatan pelatihan pembuatan brosur online menjadi keunikan dalam PkM ini. Kegiatan (3) diskusi dan (4) evaluasi menghasilkan bahwa penguatan branding terhadap produk usaha MOSS 1 sangat penting. Hal ini dikarenakan branding MOSS 1 identik dengan kegiatan keagamaan. Penguatan dalam manajemen bisnis kelompok produk kreatif MOSS 1 dapat dijadikan sebagai rekomendasi kegiatan PkM selanjutnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116800
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository