Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Berpikir Kritis Berbasis Quizizz pada Mata Pelajaran IPA SMP
Abstract
Tuntutan pendidikan di abad 21 yaitu pendidik harus memiliki inovasi dengan bantuan teknologi. Proses asesmen merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengukur keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas insturmen asesmen keterampilan berpikir kritis berbasis quizizz dengan model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE. Teknik analisi data menggunakan lembar validasi, lembar hambatan, dan lembar angket respon peserta didik. Hasil penelitian validitas yaitu 86,19%, reliabilitas 0,80 soal pilihan ganda dan uraian singkat serta skor 0,70 soal esai. Hasil validasi butir soal, daya pembeda, dan taraf kesukaran butir soal cukup baik. Hasil kepraktisan instrumen yaitu praktis digunakan dan hasil efektivitas dengan skor 88,9%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu pengembangan instrumen asesmen keterampilan berpikir kritis berbasis quizizz pada pembelajaran IPA SMP cukup baik dan reliabel untuk digunakan.