• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Instrumen Asesmen Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun dengan Gangguan Autisme Ringan

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI WM FARABI SETYARA.pdf (2.993Mb)
    Date
    2023-01-30
    Author
    UTAMI, Farabi Setyara
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecerdasan naturalis adalah jenis kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk dapat mengkategorikan dan mengenali berbagai hal di lingkungan sekitar. Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan neurobiologis yang berat sehingga dapat mempengaruhi belajar, komunikasi, keberadaan anak di lingkungannya, kemampuan anak dalam mengurus diri sendiri, interaksi sosial dan emosi yang biasanya ditandai dengan munculnya perilaku berulang-ulang. Anak autisme yang mempunyai kecerdasan naturalis akan berpotensi untuk dapat mencintai alam dan lingkungan sekitarnya, oleh karena itu penting untuk mengembangkan kecerdasan naturalis pada anak autis. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch dengan tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada penelitian ini menggunakan 1 subjek anak usia 5-6 tahun dengan gangguan autisme ringan di SLB StarKids Jember. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 dengan metode pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik pengambilan data terdiri dari analisa data validasi ahli dan uji reliabilitas. Pada tahap analysis menghasilkan 3 aspek-aspek kecerdasan naturalis. Pada tahap design menghasilkan instrumen asesmen kecerdasan naturalis pada anak dengan gangguan autisme ringan dengan menghasilkan 13 indikator. Kemudian tahap development melakukan validasi ahli untuk menguji instrumen asesmen kecerdasan naturalis. Tahap implementation melakukan penerapan instrumen asesmen menggunakan 1 anak dengan gangguan autisme ringan dan dilaksanakan sebanyak 2 kali ujicoba. Pada tahap 1 menghasilkan skor 45 dengan kategori tinggi kemudian pada tahap 2 menghasilkan skor 46 dengan kategori tinggi. Kemudian selanjutnya pada tahap evaluasi menghasilkan instrumen asesmen dengan hasil akhir ujicoba yang menghasilkan kategori tinggi dengan skor 77,1% yang menunjukkan guru puas dengan instrumen asesmen tersebut. Hasil dari pengembangan instrumen asesmen kecerdasan naturalis pada anak dengan gangguan autisme ringan yang divalidasi dikategorikan valid berdasarkan dari 1) penilaian ahli yang menghasilkan kategori tinggi, 2) kepraktisan produk tergolong tinggi dengan skor 77,1% 3) uji reliabilitas memenuhi kategori reliabilitas sangat tinggi dengan nilai 0.90. Adapun saran untuk perbaikan instrumen asesmen kecerdasan naturalis pada anak dengan gangguan autisme ringan adalah dengan menggunakan subjek lebih dari 1, sehingga dapat dijadikan untuk perbandingan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116780
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15474]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository