Pengembangan Instrumen Asesmen Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun dengan Gangguan Autisme Ringan
Abstract
Kecerdasan naturalis adalah jenis kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk dapat mengkategorikan dan mengenali berbagai hal di lingkungan sekitar. Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan neurobiologis yang berat sehingga dapat mempengaruhi belajar, komunikasi, keberadaan anak di lingkungannya, kemampuan anak dalam mengurus diri sendiri, interaksi sosial dan emosi yang biasanya ditandai dengan munculnya perilaku berulang-ulang. Anak autisme yang mempunyai kecerdasan naturalis akan berpotensi untuk dapat mencintai alam dan lingkungan sekitarnya, oleh karena itu penting untuk mengembangkan kecerdasan naturalis pada anak autis.
Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch dengan tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada penelitian ini menggunakan 1 subjek anak usia 5-6 tahun dengan gangguan autisme ringan di SLB StarKids Jember. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 dengan metode pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik pengambilan data terdiri dari analisa data validasi ahli dan uji reliabilitas.
Pada tahap analysis menghasilkan 3 aspek-aspek kecerdasan naturalis. Pada tahap design menghasilkan instrumen asesmen kecerdasan naturalis pada anak dengan gangguan autisme ringan dengan menghasilkan 13 indikator. Kemudian tahap development melakukan validasi ahli untuk menguji instrumen asesmen kecerdasan naturalis. Tahap implementation melakukan penerapan instrumen asesmen menggunakan 1 anak dengan gangguan autisme ringan dan dilaksanakan sebanyak 2 kali ujicoba. Pada tahap 1 menghasilkan skor 45 dengan kategori tinggi kemudian pada tahap 2 menghasilkan skor 46 dengan kategori tinggi. Kemudian selanjutnya pada tahap evaluasi menghasilkan instrumen asesmen dengan hasil akhir ujicoba yang
menghasilkan kategori tinggi dengan skor 77,1% yang menunjukkan guru puas dengan instrumen asesmen tersebut.
Hasil dari pengembangan instrumen asesmen kecerdasan naturalis pada anak dengan gangguan autisme ringan yang divalidasi dikategorikan valid berdasarkan dari 1) penilaian ahli yang menghasilkan kategori tinggi, 2) kepraktisan produk tergolong
tinggi dengan skor 77,1% 3) uji reliabilitas memenuhi kategori reliabilitas sangat tinggi dengan nilai 0.90. Adapun saran untuk perbaikan instrumen asesmen kecerdasan naturalis pada anak dengan gangguan autisme ringan adalah dengan menggunakan
subjek lebih dari 1, sehingga dapat dijadikan untuk perbandingan.