Show simple item record

dc.contributor.authorUTAMI, Farabi Setyara
dc.date.accessioned2023-06-11T22:41:31Z
dc.date.available2023-06-11T22:41:31Z
dc.date.issued2023-01-30
dc.identifier.nim170210205110en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116780
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 12 Juni 2023en_US
dc.description.abstractKecerdasan naturalis adalah jenis kemampuan yang dimiliki oleh anak untuk dapat mengkategorikan dan mengenali berbagai hal di lingkungan sekitar. Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan neurobiologis yang berat sehingga dapat mempengaruhi belajar, komunikasi, keberadaan anak di lingkungannya, kemampuan anak dalam mengurus diri sendiri, interaksi sosial dan emosi yang biasanya ditandai dengan munculnya perilaku berulang-ulang. Anak autisme yang mempunyai kecerdasan naturalis akan berpotensi untuk dapat mencintai alam dan lingkungan sekitarnya, oleh karena itu penting untuk mengembangkan kecerdasan naturalis pada anak autis. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE yang dikemukakan oleh Robert Maribe Branch dengan tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pada penelitian ini menggunakan 1 subjek anak usia 5-6 tahun dengan gangguan autisme ringan di SLB StarKids Jember. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2022 dengan metode pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik pengambilan data terdiri dari analisa data validasi ahli dan uji reliabilitas. Pada tahap analysis menghasilkan 3 aspek-aspek kecerdasan naturalis. Pada tahap design menghasilkan instrumen asesmen kecerdasan naturalis pada anak dengan gangguan autisme ringan dengan menghasilkan 13 indikator. Kemudian tahap development melakukan validasi ahli untuk menguji instrumen asesmen kecerdasan naturalis. Tahap implementation melakukan penerapan instrumen asesmen menggunakan 1 anak dengan gangguan autisme ringan dan dilaksanakan sebanyak 2 kali ujicoba. Pada tahap 1 menghasilkan skor 45 dengan kategori tinggi kemudian pada tahap 2 menghasilkan skor 46 dengan kategori tinggi. Kemudian selanjutnya pada tahap evaluasi menghasilkan instrumen asesmen dengan hasil akhir ujicoba yang menghasilkan kategori tinggi dengan skor 77,1% yang menunjukkan guru puas dengan instrumen asesmen tersebut. Hasil dari pengembangan instrumen asesmen kecerdasan naturalis pada anak dengan gangguan autisme ringan yang divalidasi dikategorikan valid berdasarkan dari 1) penilaian ahli yang menghasilkan kategori tinggi, 2) kepraktisan produk tergolong tinggi dengan skor 77,1% 3) uji reliabilitas memenuhi kategori reliabilitas sangat tinggi dengan nilai 0.90. Adapun saran untuk perbaikan instrumen asesmen kecerdasan naturalis pada anak dengan gangguan autisme ringan adalah dengan menggunakan subjek lebih dari 1, sehingga dapat dijadikan untuk perbandingan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGEMBANGANen_US
dc.subjectINSTRUMEN ASESMENen_US
dc.subjectKECERDASAN NATURALISen_US
dc.subjectGANGGUAN AUTISME RINGANen_US
dc.subjectANAK USIA DINIen_US
dc.titlePengembangan Instrumen Asesmen Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun dengan Gangguan Autisme Ringanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record