Hubungan Gerakan Literasi Sekolah dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 3 Bondowoso
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah dicetuskan oleh pemerintah yang harapannya dapat meningkatkan minat membaca dan kualitas karakter peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Bondowoso. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk memperoleh data secara statistik mengenai arah dan kekuatan hubungan. Sampel yang digunakan sejumlah 68 orang peserta didik kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan yakni uji korelasi Pearson Product Moment sejumlah 0,712 dan nilai signifikansinya 0,000. Interpretasi dari hasil penelitian yaitu Gerakan Literasi Sekolah dan pendidikan karakter memiliki kekuatan hubungan yang tinggi dan arah hubungannya positif. Saran yang dapat peneliti sampaikan yakni Gerakan Literasi Sekolah sangat baik jika dikembangkan secara berkala, karena program tersebut dapat meningkatkan mutu karakter peserta didik.