Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Untuk Mengembangkan Computational Thinking Skill Terintegrasi Cloud Classroom (CCR) Pada Siswa SMP
Abstract
Pembelajaran IPA merupakan proses pemahanan konsep yang diperoleh
selanjutnya diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dan lingkungan sekitar
peserta didik. Melalui pembalajaran IPA peserta didik dapat terlibat secara
langsung proses pemecahan masalah dalam kehidupan sehari -hari dan perannya
pada masyarakat. Dengan diterapkannya konsep sains dalam pembelajaran IPA
maka dapat mengatasi tantangan abad 21. Pada abad 21 menuntut adanya cara
berpikir salah satunya adalah Computational Thinking Skill. Computational
Thinking Skill merupakan kerangka berpikir guna memecah masalah yang sulit
menjadi lebih ringkas dan dapat dipecahkan (dekomposisi) menggunakan
seperangkat kebijakan untuk menemukan solusi (algoritma) dan menggunakan data
yang ringkas (abstarksi) untuk dapat digunakan pada masalah yang serupa
(generalisasi). Selama proses pembelajaran computational thinking skill siswa
membutuhkan bahan ajar yang menarik sebagai sumber belajar. Pengembangan
bahan ajar yang menarik dibutuhkan agar siswa memiliki minat yang tinggi untuk
belajar yakni dengan E-Modul berbasis Project Based Learning yang dapat memuat
materi latihan soal yang dapat disesuaikan dengan indikator computational thinking
skill.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan
keefektifan E-Modul Berbasis Project Based Learning Untuk Mengembangkan
Computational Thinking Skill Terintegrasi Cloud Classroom (CCR) Pada Siswa
SMP. Jenis pennelitian kali ini adalah penelitian pengembangan yang
menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yakni ada
analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement
(implementasi) dan evaluate (evaluasi).
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi, angket
respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes berupa pretest
dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kali ini berupa
persentase yang digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan dari E-Modul yang telah dikembangkan. Analisis data yang diperoleh
juga menggunakan perhitungan N-gain untuk mengetahui adanya pengembangan
Computational Thinking Skill siswa sebelum menggunakan E-Modul dan setelah
menggunakan E-Modul yang dikembangkan. Dengan demikian, data yang
diperoleh yakni data validitas, data keterlaksanaan pembelajaran, data pretest dan
posttest, data respon siswa.
Hasil Validitas E-Modul berbasis project based learning untuk
mengembangkan Computational Thinking Skill siswa SMP diperoleh nilai rata rata
persentase sebesar 94% dan termasuk kedalam kategori sangat valid. Selanjutnya
dilakukan uji coba dari E-Modul yang telah dikembangkan pada kelas VIII A MTs
Negeri 1 Jember sebanyak 6 kali pertemuan yang ditujukan untuk memperoleh data
kepraktisan dan keefektifan dari E-Modul yang dikembangkan. Hasil kepraktisan
E-Modul berbasis project based learning untuk mengembangkan Computational
Thinking Skill siswa SMP memperoleh persentase keterlaksanaan seluruh
pertemuan sebesar 97% termasuk kedalam kategori sangat baik. Hasil analisis
keefektifan berdasarkan hasil perhitungan prestest dan postest didapatkan nilai Ngain
sebesar 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang sehingga dapat
menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Computational Thinking Skill
setelah penggunaan, E-Modul berbasis project based learning materi usaha dan
pesawat sederhana. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa menunjukkan
bahwa hasil rata – rata respon siswa sebesar 89,7% yang termasuk kedalam kategori
sangat positif.
E-Modul dapat dikatakan layak untuk digunakan apabila memenuhi tiga
indikator yakni valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil perolehan analisis data
validitas, kepraktisan dan keefektifan dari E-Modul yang telah dikembangkan dapat
disimpulkan bahwasanya E-Modul berbasis project based learning pada materi
usaha dan pesawat sederhana ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.