Show simple item record

dc.contributor.authorULFA, Efrika Marsya
dc.date.accessioned2023-06-08T22:13:14Z
dc.date.available2023-06-08T22:13:14Z
dc.date.issued2023-05-05
dc.identifier.nim190210104087en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116711
dc.descriptionFinalisasi repositori 07 Juni 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran IPA merupakan proses pemahanan konsep yang diperoleh selanjutnya diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dan lingkungan sekitar peserta didik. Melalui pembalajaran IPA peserta didik dapat terlibat secara langsung proses pemecahan masalah dalam kehidupan sehari -hari dan perannya pada masyarakat. Dengan diterapkannya konsep sains dalam pembelajaran IPA maka dapat mengatasi tantangan abad 21. Pada abad 21 menuntut adanya cara berpikir salah satunya adalah Computational Thinking Skill. Computational Thinking Skill merupakan kerangka berpikir guna memecah masalah yang sulit menjadi lebih ringkas dan dapat dipecahkan (dekomposisi) menggunakan seperangkat kebijakan untuk menemukan solusi (algoritma) dan menggunakan data yang ringkas (abstarksi) untuk dapat digunakan pada masalah yang serupa (generalisasi). Selama proses pembelajaran computational thinking skill siswa membutuhkan bahan ajar yang menarik sebagai sumber belajar. Pengembangan bahan ajar yang menarik dibutuhkan agar siswa memiliki minat yang tinggi untuk belajar yakni dengan E-Modul berbasis Project Based Learning yang dapat memuat materi latihan soal yang dapat disesuaikan dengan indikator computational thinking skill. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan E-Modul Berbasis Project Based Learning Untuk Mengembangkan Computational Thinking Skill Terintegrasi Cloud Classroom (CCR) Pada Siswa SMP. Jenis pennelitian kali ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yakni ada analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluate (evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian kali ini berupa persentase yang digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari E-Modul yang telah dikembangkan. Analisis data yang diperoleh juga menggunakan perhitungan N-gain untuk mengetahui adanya pengembangan Computational Thinking Skill siswa sebelum menggunakan E-Modul dan setelah menggunakan E-Modul yang dikembangkan. Dengan demikian, data yang diperoleh yakni data validitas, data keterlaksanaan pembelajaran, data pretest dan posttest, data respon siswa. Hasil Validitas E-Modul berbasis project based learning untuk mengembangkan Computational Thinking Skill siswa SMP diperoleh nilai rata rata persentase sebesar 94% dan termasuk kedalam kategori sangat valid. Selanjutnya dilakukan uji coba dari E-Modul yang telah dikembangkan pada kelas VIII A MTs Negeri 1 Jember sebanyak 6 kali pertemuan yang ditujukan untuk memperoleh data kepraktisan dan keefektifan dari E-Modul yang dikembangkan. Hasil kepraktisan E-Modul berbasis project based learning untuk mengembangkan Computational Thinking Skill siswa SMP memperoleh persentase keterlaksanaan seluruh pertemuan sebesar 97% termasuk kedalam kategori sangat baik. Hasil analisis keefektifan berdasarkan hasil perhitungan prestest dan postest didapatkan nilai Ngain sebesar 0,57 yang termasuk dalam kategori sedang sehingga dapat menunjukkan adanya peningkatan kemampuan Computational Thinking Skill setelah penggunaan, E-Modul berbasis project based learning materi usaha dan pesawat sederhana. Berdasarkan hasil analisis angket respon siswa menunjukkan bahwa hasil rata – rata respon siswa sebesar 89,7% yang termasuk kedalam kategori sangat positif. E-Modul dapat dikatakan layak untuk digunakan apabila memenuhi tiga indikator yakni valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil perolehan analisis data validitas, kepraktisan dan keefektifan dari E-Modul yang telah dikembangkan dapat disimpulkan bahwasanya E-Modul berbasis project based learning pada materi usaha dan pesawat sederhana ini layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectProject Based Learningen_US
dc.subjectE-Modulen_US
dc.subjectComputational Thinkingen_US
dc.titlePengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Untuk Mengembangkan Computational Thinking Skill Terintegrasi Cloud Classroom (CCR) Pada Siswa SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sri Wahyuni, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Zainur Rasyid Ridlo, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorratnaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record