Realisasi Kesantunan Berbahasa Peserta Didik Terhadap Guru dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 2 Jember
Abstract
tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis wujud pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa peserta didik terhadap guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia kelas X SMAN 2 Jember. Penelitian ini merupakan peelitian deskriptif pragmatik. Teknik pengumpul data penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu, teknik observasi, teknik rekam, dan teknik simak catat. Analisis data kualitatif menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penatikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pematuhan prinsip kesantunan berbahasa peserta didik terhadap guru dalam proses pembelajaran meliputi (1) prinsip pendisiplinan, (2) prinsip pembebasan, (3) prinsip cara penyampaian, (4) prinsip perlindungan. Pelanggaran prinsip kesantunan berbahasa peserta didik terhadap guru dalam proses pembelajaran hanya prinsip pendisiplinan.