• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Survei Kepuasan Masyarakat Kabupaten Jember Bidang Pertanian

    Thumbnail
    View/Open
    FAPERTA_SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT KABUPATEN JEMBER BIDANG.pdf (468.9Kb)
    Date
    2022-06-01
    Author
    KUNTADI, Ebban Bagus
    RIDJAL, Julian Adam
    RAHMAN, Rena Yunita
    FAUZIYAH, Diana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja pelayanan publik pada Dinas Pertanian Kabupaten Jember, mengetahui dan mengidentifikasi unsur-unsur kekurangan atau kelemahannya. Metode dalam pengambilan data menggunakan metode secara diskriptif. Data yang diperlukan berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait. Populasi adalah seluruh masyarakat yang mendapatkan pelayanan di lingkungan Dinas Pertanian Wilayah Kabupaten Jember. Analisis data menggunakan indeks kepuasan masyarakat. Secara umum perolehan IKM pada di Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan di Kabupaten Jember memperoleh Nilai Indeks 78,56. Nilai IKM terletak pada nilai interval konversi IKM antara 62,51 sampai 81,25 yang menggambarkan kinerja atas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan pada tahun 2021 dengan katagori untuk Mutu Pelayanan “B“ dengan Kinerja Unit Pelayanan adalah BAIK. Hasil rata-rata per unsur pelayanan yang menunjukkan nilai rata-rata diatas 3,00 adalah persyaratan pelayanan, biaya, kompetensi pelaksana, sikap pelaksana, penanganan pengaduan saran dan masukan dan sarana prasarana. Sedangkan yang menunjukkan nilai rata-rata dibawah 3,00 adalah prosedur pelayanan, waktu pelayanan dan kesesuaian produk layanan dengan realisasi membutuhkan perhatian khusus agar kualitas pelayanan semakin baik. Rekomendasi diantaranya adalah perbaikan dan penguatan sarana dan prasarana pendukung, terutama pada level Balai Penyuluhan (BPP). Jurnal Hasil Penelitian Universitas Jember Volume 1, Nomor 1, Juni 2022 Kuntadi, dkk 36 Peningkatan kapasitas balai penyuluhan direkomendasikan agar menjadi penguatan aktualisasi data dan cyber extension.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116637
    Collections
    • LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7410]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository