Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Meaningfull Investigation Laboratory (MIL) pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA/MA
Abstract
Dalam mempelajari fisika akan lebih mudah jika dilakukan dengan pengamatan langsung atau melakukan kegiatan praktikum. Namun yang terjadi disekolah kebanyakan pendidik melakukan kegiatan pembelajaran mengacu pada metode ceramah dengan memberikan banyak penjelasan dan tugas didalam kelas. Dengan metode yang digunakan tersebut peserta didik cenderung susah untuk memahami dan cepat merasa jenuh saat kegiatan pembelajaran sedang berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji validitas dan respon pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Meaningfull Investigation Laboratory (MIL) pada materi elastisitas dan hukum hooke di SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di MA Swasta Kebunrejo Tahun 2020/2021 di kelas XI MIPA 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner, validasi, dan wawancara. Data yang diperoleh setelah dilakukan penelitian adalah nilai rata-rata validasi dari ketiga validator tersebut yaitu 82.27% dengan kategori sangat valid. Hasil respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 82,1% dengan kategori sangat baik.