Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Media Aplikasi Android Getaran dan Gelombang
Date
2021-06-02Author
FEBRIANTI, Nia Savira
SUPENO, Supeno
UTOMO, Anjar Putro
Metadata
Show full item recordAbstract
Media pembelajaran buku cetak masih menjadi sumber utama dalam proses belajar mengajar, belum melatih siswa untuk melakukan proses penyelidikan ilmiah secara utuh dan sedikit membosankan sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa di SMP. Media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi android merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, siswa dapat dengan mudah mencerna materi dan membangkitkan motivasi siswa dalam belajar sehingga diharapkan dapat memudahkan siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh aplikasi android Getaran dan Gelombang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan sampel kelas VIII A untuk kelompok eksperimen dan kelas VIII B untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa hasil tes LKPD, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan aplikasi android Getaran dan Gelombang diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan aplikasi android lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis data menggunakan persamaan N-gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,61 dan 0,4 pada kategori sedang.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]