Perencanan Perbaikan Tanah dan Stabilitas Timbunan menggunakan Metode Kombinasi Preloading dan Prefabricated Vertical Drain (Pvd) (Studi Kasus : Double Track Ka Sepanjang-Mojokerto KM. 48+800 S/D KM. 48+950)
Abstract
Pembangunan Jalur Ganda KA Sepanjang-Mojokerto KM 48+800 s/d
KM.48+950 melewati wilayah dengan tanah dasar lunak dan compressible yang
diketahui dari data hasil pengujian lapangan. Setelah dilakukan analisa dan
perhitungan nilai penurunan, didapatkan nilai penurunan yang tinggi dengan jangka
waktu yang lama. Upaya penyelesaian masalah penurunan pada penelitian ini
adalah dengan mempercepat waktu penurunan menggunakan metode Prefabricated
Vertikal Drain yang dikombinasikan dengan Preloading. Penggunaan metode ini
bertujuan untuk mempercepat proses penurunan pada tanah serta meningkatkan
nilai kuat geser tanah (Cu) jadi tanah dasar menjadi lebih stabil. Metode ini
memanfaatkan tekanan dari timbunan yang juga berfungsi sebagai beban
(surcharge) yang sudah disesuaikan dengan beban lalu lintas maupun konstruksi.
Pemasangan PVD dilakukan dengan variasi pola dan jarak yang berbeda
dengan tujuan memperhitungkan nilai efisiensi pemasangan PVD pada penelitian
ini. Berdasarkan pertimbangan jumlah dan waktu PVD untuk mencapai derajat
konsolidai 90 % dipilih pola pemasangan segiempat dengan jarak 1,5 meter yang
dipasang setebal lapisan tanah compressible pada setiap titik. Penimbunan tanah
dasar dilakukan dengan tinggi rencana timbunan antara 9-10 meter. Perhitungan
dilanjutan untuk mencari kenaikan Cu tanah dasar untuk selanjutnya dianalisa
kestabilannya menggunakan program bantu Geoslope. Didapatkan hasil analisa
stabilitas akhir setelah adanya metode perbaikan tanah pada titik yang ditinjau
berkisar antara 1,8 hingga 1,98 dan bisa dikatakan aman
Collections
- UT-Faculty of Engineering [3931]